Tips Mudah Menjaga Kamera DSLR Agar Tidak Jamuran Bagi Pemula, Penjaja Kata. Pada postingan kali ini saya awali dengan sedikit curhat, karena aru saja saya mengeluarkan budget senilai Rp. 750.000 untuk keperluan yang tidak terduga. Ya, lensa kamera saya berjamur! Eits, ternyata tidak hanya ada di lensa, jamur juga menyerang viewfinder mesin kamera DSLR saya. 🙁

Mengapa hal ini bisa terjadi? Pertama, hal ini terjadi karena saya merupakan pemula dalam bidang fotografi. Kedua, saya hanya fokus belajar teknik fotografi sedangkan teknis perawatan kamera DSLR tidak saya pelajari secara mendetail. Alhasil, kamera DSLR yang sering saya bawa jalan-jalan pun harus naik ke meja service dan memakan biaya yang cukup menguras dompet.

Akan tetapi, maksud dari postingan ini bukanlah untuk curhat. Melainkan untuk sharing barangkali ada teman yang sedang mulai bersahabat dengan kamera DLSR, agar tidak mengalami hal yang sama seperti saya. Ya setidaknya kamu bisa menabung uang dengan nilai yang sama, tetapi bukan untuk biaya melakukan service kamera DSLR, melainkan untuk membeli aksesoris kamera seperti flash eksternal standar.

Maka dari itulah saya membuat postingan mengenai tips mudah menjaga kamera DSLR agar tidak mudah jamuran bagi pemula. Seperti apa saja tipsnya? Mari simak dan nikmati:

Jangan simpan kamera DSLR di tas, walaupun tas sudah dibekali silica gel

Jangan sekali-kali berpikiran bahwa menaruh kamera di tas itu aman, bahkan jika tas yang digunakan telah dilengkapi dengan silica gel. Tas itu bukan termasuk ruang kedap udara yang bisa terbebas dari kelembaban udara. Sedangkan silica gel itu sangat mudah habis daya serap airnya apabila diletakan ditempat yang lembab. Maka, menyimpan kamera DSLR di dalam tas bukanlah pilihan, terlebih untuk waktu yang lama.

Gunakanlah wadah yang kedap udara yang dilengkapi dengan silica gel untuk menyimpan kamera DSLR kesayanganmu, agar terhindar dari kelembaban yang menjadi cikal bakal munculnya jamur. Produk-produk toples kedap udara sudah banyak dijual di pasaran, kamu bisa menggunakannya sebagai “pelindung” bagi kameramu.

Selalu bersihkan kamera DSLR sesudah pemakaian

Salah satu penyebab munculnya jamur pada kamera DSLR adalah perawatan yang kurang setelah pemakaian. Tangan adalah sumber utama munculnya jamur pada kamera DSLR, apalagi jika kamera DSLR digunakan lebih dari dua orang. Bersihkan selalu bekas-bekas sidik jari, debu atau air yang menempel di body kamera, dan jenis kotoran lain mengunakan kit pembersih kamera yang dapat dibeli dengan mudah secara online maupun offline.

Hal ini sebenarnya sangat sederhana, namun karena kesederhanaannya banyak para pengguna kamera DSLR pemula yang menghiraukannya, termasuk saya. Usahakan kamera DSLR selalu dalam kondisi bersih pada saat akan disimpan setelah digunakan.

*****

Itulah informasi singkat mengenai tips mudah menjaga kamera DSLR agar tidak mudah jamuran bagi pemula. Semoga bermanfaat bagi yang membaca dan semoga bermanfaat bagi yang sedang belajar bersahabat dengan kamera DSLR. Semoga kameramu tetap kinclong, ya! 😀

Penjaja Kata

(Visited 97 times, 1 visits today)
Tips Mudah Menjaga Kamera DSLR Agar Tidak Jamuran Bagi Pemula
Bagikan ke:

4 thoughts on “Tips Mudah Menjaga Kamera DSLR Agar Tidak Jamuran Bagi Pemula

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *