Eksplorasyik Penangkaran Rusa Kampung Cai Ranca Upas, Penjaja Kata. Rusa adalah hewan mamalia pemamah biak (ruminan) yang termasuk familia Cervidae. Salah satu ciri khas rusa adalah adanya antler (tanduk rusa), dan bukan tanduk, yang merupakan pertumbuhan tulang yang berkembang setiap tahun (biasanya pada musim panas) terutama pada rusa jantan (walaupun ada beberapa pengecualian).

Bermain ke daerah Kampung Cai Ranca Upas di Ciwidey, kita bisa melihat bahkan berinteraksi langsung dengan rusa jenis Rusa Timorensis atau Rusa Jawa atau Sambar Sunda, salah satu hewan endemik di pulau Jawa dan Bali. Rusa ini memang sengaja dipelihara di sini, bahkan menjadi salah satu tujuan utama pengunjung yang datang ke Ranca Upas selain berkemah. Dengan membayar tiket masuk senilai Rp. 15.000, kita sudah dapat menikmati sensasi berada di penangkaran rusa Ciwidey.

Baca juga :Eksplorasyik Jembatan Sadu Jalur Rel Kereta Api Non-Aktif Cikudapateuh Ciwidey

Di sini kita bisa bermain dengan bebas bersama rusa-rusa, asalkan berada dalam pengawasan penjaga dan tetap berhati-hati. Walaupun terlihat lucu dan menggemaskan, rusa bisa saja menjadi hewan yang mematikan apabila merasa terancam. Terlebih jika ada pengunjung yang melakukan hal-hal yang dilarang oleh pihak pengelola seperti menunggangi rusa.

Untuk sekadar memberi makan, menyentuh, atau berfoto bersama rusa masih diperbolehkan. Pengunjung bisa membeli sebungkus wortel yang disediakan di pintu masuk panggung penangkaran rusa. Harga satu kantung kresek wortel di sini Rp. 5.000. Oh iya, berhati-hatilah saat membawa bungkusan wortelnya, karena rusa di sini sudah hapal dengan bungkusan tersebut dan pasti mengejar orang yang membawa bungkusan tersebut.

Baca juga : Menginap di Hotel Saung Bilik Ditemani Aliran Sungai Ciwidey

Alangkah baiknya kita memberi makan rusa saat banyak pengunjung yang memberi makan rusa juga, agar kita tidak dikepung oleh puluhan rusa kelaparan yang ingin segera menyantap wortel yang telah kita bawa. Bagi yang ingin memberi makan rusa dari jarak dekat, lebih baik wortel jangan dibawa beserta bungkusannya. Cukup bawa beberapa wortel atau bungkusan wortel tersebut dimasukan ke dalam tas, hal ini dilakukan agar kita tidak dikejar-kejar oleh rusa. 😀

Supaya bisa difoto bersama rusa yang sedang memakan wortel, pilihlah rusa yang sedang asyik bersantai, jangan rusa yang sedang berkeliaran mencari “mangsa”. Rusa yang sedang asyik bersantai biasanya terbuka untuk diajak foto bersama. Kalau ingin mengambil foto dengan latar rusa-rusa yang sedang merumput juga bagus kok, tapi jangan membuat gerakan yang bisa membuat rusa kaget agar rusa tetap tenang saat akan difoto. Sekadar informasi, banyak juga yang foto pra-wedding di sini, lo. Barangkali kamu berminat. 😀

Selain penangkaran rusa, Kampung Cai Ranca Upas juga menawarkan beberapa fasilitas lain seperti tempat untuk outbond, paint ball, camping ground, waterboom, dan ruangan untuk kebutuhan pesta atau rapat. Bagi yang ingin menikmati fasilitas-fasilitas ini harus mengeluarkan biaya tambahan, ya. Harganya mulai dari puluhan hingga ratusan ribu, tergantung pada fasilitas apa yang ingin kita nikmati. Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa menghubungi no telepon 0813-2373-9973.

Untuk kebutuhan mulut dan perut, pengunjung juga tak usah khawatir. Di sini terdapat tempat makan berupa warung-warung yang berjajar rapi dekat penangkaran rusa. Para pedagang keliling juga biasanya singgah dan berjualan dekat area penangkaran rusa, jadi tak perlu khawatir akan haus atau lapar. 😉

Itulah sekelumit ulasan mengenai Eksplorasyik Penangkaran Rusa Kampung Cai Ranca Upas, semoga bermanfaat ya. Bagi yang sudah pernah berkunjung ke sini, boleh dong share pengalamannya di kolom komentar. Bagi yang belum, kapan dong main ke sini? 😀

Penjaja Kata

(Visited 67 times, 1 visits today)
Eksplorasyik Penangkaran Rusa Kampung Cai Ranca Upas
Bagikan ke:

12 thoughts on “Eksplorasyik Penangkaran Rusa Kampung Cai Ranca Upas

  • April 10, 2017 at 9:58 pm
    Permalink

    Wahh, pengen ngajak si kecil kesinii.. Luaaas juga ya ternyata area wisatanya.. Thanks infonya!

    Reply
  • April 11, 2017 at 8:30 am
    Permalink

    Widya Lucu, dikejar rusa, eciyeeee…
    kalau bawa anak-anak pasti suka ya, ngejar-ngejar rusa hihihihi…
    kayaknya seruya bawa keluarga ke sana

    Reply
    • April 11, 2017 at 8:58 am
      Permalink

      Hehehe, cinta rusanya ditolak, teh. Wah pasti asyik teh, bisa main di waterboom nya juga sekalian. 😀

      Reply
  • April 11, 2017 at 1:42 pm
    Permalink

    Wkwkwwkwkwkkwkwk malah diposting foto aku lagi dikejar rusa. Aku baru nyadar ada foto ini :v

    Reply
    • April 11, 2017 at 7:00 pm
      Permalink

      Judulnya kan memberi tips kepada orang agar tidak dikejar rusa wkwkwk

      Reply
  • April 13, 2017 at 11:50 am
    Permalink

    wahhh seru nih jika bisa mendekat dan berfoto langsung sama rusa nya, biasanya gak boleh ada pembatasnya …..
    kapan ia aku bisa kesini ???? krik krik krik ….

    Reply
  • April 13, 2017 at 4:56 pm
    Permalink

    Belum pernah ke Ciwidey, asyik juga ya kalau ke sana bareng keluarga. Pernah ke penangkaran rusa di Setu Gede Bogor, tapi tak bisa berinteraksi langsung. Anak anak bakal suka nih.

    Reply
    • April 13, 2017 at 6:57 pm
      Permalink

      Iya, mas. Kalau main ke Ciwidey dijamin puas, banyak tempat wisatanya. 😀

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *