Curi-Curi Pandang di Stasiun Purwakarta. Purwakarta punya cerita, sang bupati, Kang Dedi, sukses merias “wajah” Purwakarta, sehingga dapat menyita perhatian masyarakat dari dalam maupun luar Purwakarta.  Beberapa ornamen yang awam kita temukan di Bali seperti pohon yang diikat oleh kain, ataupun konsep gapura yang sering kita jumpai di Yogyakarta, dapat kita temukan juga di Purwakarta.

Dari sekian banyak lokasi unik di Purwakarta, Stasiun Purwakarta memiliki daya tarik tersendiri, khususnya bagi para penggemar fotografi maupun penggila selfie. Stasiun ini dikenal karena memiliki “tumpukan” kereta yang keren bila dijadikan objek maupun latar belakang saat memotret.

Stasiun Kereta Purwakarta - Tempat Foto Keren di Purwakarta

Kereta Bertumpuk di Stasiun Purwakarta

Tumpukan? Ya, di Stasiun Purwakarta terdapat sebuah lokasi yang dijadikan tempat penyimpanan kereta-kereta yang sudah tua maupun rusak. Kereta-kereta tersebut disusun dengan rapi, berderet memanjang dan saling bertumpukan.

Foto Model di Stasiun Purwakarta

Model: @sandradewa_, Foto: @erwanam

Model Iklan di Tokopedia

Model: Iklan Tokopedia @erwanam, Foto: @indarsena

Foto Model Kedua di Stasiun Purwakarta

Model: Iklan Tokopedia @erwanam, Foto: @indarsena

Tidak hanya tumpukan kereta, rel kereta yang sudah tua dan bangunan-bangunan tua yang ada di area tersebut, juga menjadi lokasi favorit pemburu karya fotografi yang mengunjungi Stasiun Purwakarta, baik dari dalam maupun luar Purwakarta.

Berfoto di Bangunan Tua Stasiun Purwakarta

 

Model: @gtriatmojo, Foto: @indarsena

Model Stasiun Purwakarta

Model: @gtriatmojo & @indarsena, Foto: @erwanam

Berjaya di Tanah Legenda Purwakarta

Model: @sandradewa_, Foto: @gtriatmojo

Bangunan Tua di Stasiun Purwakarta

Model: @sandradewa_, Foto: @gtriatmojo

Sayangnya, lokasi ini merupakan lokasi yang dilarang untuk dikunjungi oleh masyarakat umum. Sehingga, dibutuhkan kemauan dan kejelian agar bisa mengabadikan momen bersama “bangunan” kereta ala Stasiun Purwakarta.

Dilarang Memasuki Area Stasiun Purwakarta

Jadi, ada jalur umum yang biasa diakses masyarakat setempat yang tinggal berdekatan dengan area Stasiun Purwakarta, jalur-jalur inilah yang dapat digunakan untuk mencapai lokasi bangunan kereta ini. Supaya tidak dimarahi satpam atau penjaga stasiun saat kita berfoto di sini, ambilah foto dari luar jalur yang dilarang. Tapi, kalau dirasa hasil fotonya kurang keren dan butuh lebih dekat lagi dengan si objek, pintar-pintarlah untuk curi-curi pandang dengan para petugas yang berjaga. wkwkwk …

Nah, bagi yang mau berkunjung ke sini, silakan disimak penjelasannya di bawah ini, ya:

Penjaja Kata di Stasiun Purwakarta

Petunjuk Jalan

Pertama-tama, kamu harus berada di kota Purwakarta. Lalu, bukalah Google Maps, cari di mana lokasi Stasiun Purwakarta berada. Ikuti petunjuk arahnya dengan benar, gunakan kendaraan yang benar juga, ya. 🙂

Sudah sampai di Stasiun Purwakarta? Oke, selanjutnya carilah gedung dengan penampakan yang ada di bawah ini:

Akses Jalan Pertama ke Area Foto Stasiun Purwakarta

Sudah ketemu? Masuk ke jalan kecil (gang) yang ada di samping kiri gedung tersebut, berjalanlah beberapa puluh langkah sampai melihat jembatan yang bentuknya seperti gambar di bawah ini (abaikan orangnya):

Jalur Menuju Bangunan Kereta di Stasiun Purwakarta

Bila jalan yang kamu pilih benar, kamu akan menemukan jalan yang melintasi rel kereta api, dengan gapura yang ada di seberang sana:

Akses Jalan di Area Foto Stasiun Purwakarta

Gapura Akses ke Bangunan Kereta di Stasiun Purwakarta

Sudah masuk gapura? Oke, sudah sampai! Tinggal belok ke kanan, di situ sudah kelihatan tumpukan-tumpukan kereta, yang bila dilihat oleh mata kamera pasti akan menarik hati.

Area Warga di Sekitaran Stasiun Purwakarta

Area Warga Sekitaran Stasiun Purwakarta

Di lokasi ini juga terdapat beberapa penjaja makanan yang bisa dijadikan sarana penghilang lapar maupun dahaga.

 

Nah, seperti itulah keasyikan yang bisa saya bagi berdasarkan pengalaman saya berada di Stasiun Purwakarta. Bagi yang suka foto, rasanya wajib deh untuk datang ke sini. Dan, nikmatilah sensasi mencuri-curi kesempatan untuk berfoto di Stasiun Purwakarta! 😉

 

Penjaja Kata

 

(Visited 866 times, 2 visits today)
Curi-Curi Pandang di Stasiun Purwakarta
Bagikan ke:

13 thoughts on “Curi-Curi Pandang di Stasiun Purwakarta

  • December 9, 2015 at 12:34 pm
    Permalink

    Saya pernah lewat ke tempat ini kalo ga salah, cuman ga sempet mampir dan pengen bawa satu gerbong buat dirumah kalo boleh mah haha

    Reply
    • December 9, 2015 at 7:00 pm
      Permalink

      Saya juga mau masukin tas, tapi keburu diuber satpam yang jaga di situ. wkwkwk

      Reply
  • December 9, 2015 at 3:15 pm
    Permalink

    Baru kali ini liat gerbong-gerbong kereta naruhnya di tumpuk-tumpuk gitu. Unik sih, buat penggemar fotografi pasti bakal jadi tempat yang perfect buat cari bahan potret.
    Makasih udah share 😀

    Reply
    • December 9, 2015 at 7:01 pm
      Permalink

      Banyak banget malah yang hunting di sini, tapi ya itu harus bisa “pinter”, pinter-pinterin petugas yang jaga di situ biar ga ketahuan. Hahaha :v

      Reply
  • December 16, 2015 at 11:48 pm
    Permalink

    Aku juga suka nih tumpukan kereta. Sayang dulu pas mau ke cirebon transitnya bentar cuma beberapa menit. Harus sengaja dari bandung kesana, btw tiketnya masih murah kan? Apa jauh dekat sama aja

    Reply
    • December 17, 2015 at 4:04 pm
      Permalink

      Kalo gak salah ya, harga tiket kereta udah pada naik, tapi enggak jauh2 amat sih. Tapi kalo mau ke sini, saran saya jangan pake kereta, pake kendaraan pribadi atau kendaraan umum jenis lain. Soalnya kalo ngambil view dari stasiun itu kejauhan. Nah, kalo mau lebih deket ya harus akses ke jalan masyarakat sekitar yang ada di samping stasiun. Seru lho, harus dicobain deh. 😀

      Reply
  • December 21, 2015 at 12:42 pm
    Permalink

    Sering banget ngelewatin ini kalo mau kebandung naik kereta api
    tapi pas mau di foto kaca kereta api nya burem dan jelek jadi susah haha

    Reply
    • December 21, 2015 at 6:47 pm
      Permalink

      Pasti susah kalo motret dari kereta, makanya saya juga bela2in pake mobil dari Bandung buat nyampe ke sini karena hasil foto di kereta gak memuaskan. 😀

      Terima kasih sudah berkunjung. 🙂

      Reply
  • December 23, 2015 at 8:37 pm
    Permalink

    Daya tariknya keren. Banyak gerbong kereta gitu kalau dijadiin museum oke juga deh kayaknya. Mantap. 🙂

    Reply
    • December 23, 2015 at 8:59 pm
      Permalink

      Wah, kalo dijadiin museum nanti berbayar dong, kasian orang2 yang pengen eksis tapi gak punya acis. 😀 (acis itu bahasa sunda dari kata uang)

      Reply
  • November 30, 2016 at 7:58 pm
    Permalink

    mantap infonya… hatur nuhun

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *