Setiap orang yang memiliki hunian pasti berusaha mendekorasi seluruh elemen pada huniannya agar memiliki nuansa yang terbaik. Tentunya, dalam mendekorasi hunian tersebut, ada sejumlah faktor-faktor yang harus ditingkatkan.

Lihat saja rumah-rumah atau villa yang berada di Bali. Sekecil apapun luas huniannya, selalu terkesan menenangkan dan bernuansa positif.

Mungkin tidak salah jika berpikir bahwa nuansa positif pada  vila disewakan atau rumah dijual di Bali hadir dikarenakan lokasinya berdekatan langsung dengan alam. Baik berhimpitan dengan samudera atau berada di dataran tinggi hijau.

Namun, peran dari kombinasi struktur bangunan dengan elemen-elemen alam dan elemen tradisional membuat desain dari beragam rumah dijual di Bali atau villa yang disewakan adalah yang paling memberikan dampak untuk meningkatkan nuansa yang menyenangkan saat bermukim.

Sebenarnya, ada beberapa cara mudah untuk mendapatkan nuansa kebalian tersebut sekalipun Anda bermukim bukan di pulau dewata. Anda yang tinggal di kawasan padat penduduk pun dapat mengaplikasikan cara-cara tersebut.

Mau tau cara mudah membuat nuansa asri seperti rumah dijual di Bali atau villa-villanya hadir dalam hunian Anda? Yuk simak beberapa tips di bawah ini!

Beri Sentuhan Tanaman Hijau

 

Cara termudah untuk menciptakan nuansa asri di hunian seperti rumah-rumah dijual di Bali adalah dengan menghadirkan sentuhan alam dari tanaman-tanaman.

Jika Anda memiliki taman di depan muka rumah area lahan kosong di belakang, area ini sangat baik untuk menempatkan dan mengkurasikan sejumlah tanaman tersebut. Ketika area itu cukup luas, jangan tanggung-tanggung untuk membawa pepohonan yang rimbun pada hunian Anda. Beberapa pohon yang disarankan seperti banyak digunakan pada villa dan rumah dijual di Bali adalah pohon pisang kipas (ravenala), pohon kamboja, atau pohon ketapang kencana.

Namun, jika kedua area tersebut sangat terbatas, pilihan tanaman-tanaman berdaun lebat adalah yang paling disarankan. Kesan hijau dan rimbun tersebut tentu paling memikat pandangan mata, baik dari dalam maupun dari luar rumah Anda.

Tambahkan Aksesoris Kayu dan Batu

 

Untuk membuat kesan “Bali” hadir pada rumah Anda, berikan sentuhan elemen alam lain seperti kayu atau bebatuan pada hunian Anda. Pada material kayu yang disarankan, utamakan pemilihan pada kayu ukiran agar kesan yang hadir tidak menyerempet pada nuansa skandinavian yang futuristik. Ingat, kesan kebalian hadir juga hadir dari nuansa tradisional dan artistik. Ukiran-ukiran kayu ini dapat Anda temukan di toko-toko pengrajin kayu tanpa harus membeli secara khusus di Bali. Misalnya “lis” kayu ukiran yang dapat Anda pasang pada pintu atau bagian plafon. Jangan lupa juga memernisnya untuk kesan yang lebih elegan.

Khusus untuk material yang terbuat dari batu, Anda tidak mesti menempatkan patung batu sebagai ikon ‘kebalian’ pada hunian Anda. Beberapa batu alam seperti andesit, granit, atau batu palimanan dapat Anda tempelkan pada dinding pagar atau dinding garasi hunian untuk memunculkan kesan ‘kebalian’ tersebut. Atau, Anda dapat membeli sebuah tempat lampu untuk bagian depan rumah Anda yang ditempatkan di atas tiang dinding pagar.

Penjaja Kata

(Visited 13 times, 1 visits today)
Tips Menghadirkan Nuansa Asri Bali pada Hunian Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *