Setiap pemilik bisnis, tentu sangat ingin bisnisnya dapat berjalan lancar, mulai dari proses di hulu sampai ke hilir. Akan tetapi, pada proses pengaplikasiannya memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh kompetensi yang baik dalam ilmu berbisnis serta cara komunikasi yang efektif dan efisien.

Apalagi dalam berbisnis kuliner, bicara ide atau konsep dalam berbisnis kuliner memang gampang, tapi dalam pengaplikasian sistem operasional-lah yang akan sangat menguras tenaga. Salah satu hal yang paling riskan ialah dalam hal sumber daya manusia (SDM) yang menjadi tenaga kerja kita, butuh kesabaran serta ketelatenan untuk mendidik serta mengajarkan sistem bisnis yang kita jalankan.

Sumber: vectorstock.com

Salah satu posisi yang krusial ialah kasir, sangat sulit sekali menemukan SDM yang kompeten untuk mengisi posisi kasir, selain dituntut untuk cakap dalam memberikan pelayanan, seorang kasir juga dituntut untuk memahami manajemen keuangan dengan baik dan benar. Bahkan peran kasir pun dapat menjadi ‘senjata’ untuk membangun branding serta menaikkan selling, tak jarang beberapa bisnis kuliner memiliki pelanggan yang loyal karena ada rasa nyaman yang didapatkan ketika berinteraksi dengan kasir nya. Hal ini pun pernah saya alami sendiri di perusahaan tempat bekerja saya dulu.

Bila Anda termasuk pebisnis kuliner yang memiliki profit yang sehat serta branding perusahaan yang sudah dikenal, tentu Anda sanggup mencari kandidat SDM yang mumpuni untuk diposisikan sebagai kasir. Namun bagaimana kondisi nya dengan para pebisnis kuliner yang baru memulai berjuang, kondisi keuangan yang pas-pasan atau branding perusahaan yang tak terlalu dikenal? Tentu harus berjuang ekstra untuk mendapatkan kandidat yang prima untuk posisi kasir, tidak mungkin Anda terus yang terjun menjadi kasir, kan?

Maka dari itu, penting sekali bagi Anda untuk segera menerapkan sistem Point of Sale dalam bisnis yang Anda jalankan, terutama untuk mempermudah sistem kasir yang Anda miliki. POS atau Point of Sale merupakan sebuah sistem yang digunakan dalam proses transaksi penjualan retail, di mana pembeli dan penjual melakukan pembayaran atas barang atau jasa yang sudah diterima. Umumnya sebuah sistem POS
dapat diartikan sebagai tempat kasir (check-out counter) dengan mesin kasir (cash register) .

Sebagai orang yang pernah berpengalaman menjadi marketing di suatu perusahaan kuliner, seringkali saya melakukan beberapa kali kerjasama dengan beberapa Start Up penyedia aplikasi POS, karena antara satu dengan lain aplikasi memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Mulai dari interface yang sulit dipahami SDM, konektivitas yang terbatas serta permasalahan-permasalahan lainnya.

Penting kiranya bagi Anda yang baru akan mencoba aplikasi POS, perhatikan dan lakukan riset mendalam mengenai perusahaan penyedia aplikasi tersebut, pastikan perusahaan penyedia memiliki rekam jejak yang baik dan dapat dipercaya.

Selain itu, jangan tergiur dengan promo, tetapi pentingkanlah kualitas sistem yang akan membuat bisnis Anda berkembang dengan lebih cepat dan lebih baik. Tak apa kiranya bila Opex bisnis Anda naik, akan tetapi profit yang didapatkan merangkak naik.

Apabila Anda membutuhkan rekomendasi, saya sarankan cobalah gunakan SPOTS sebagai aplikasi kasir online untuk bisnis kuliner Anda. SPOTS merupakan grup perusahaan GO-JEK, sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir dengan kredibilitas-nya. Bahkan dengan menggunakannya Anda akan sangat diuntungkan, selain kaya akan fitur untuk sistem kasir, fitur SPOTS juga memudahkan Anda untuk menerima orderan dari GO-FOOD atau melakukan sistem pembayaran dengan GO-PAY.

Bagaimana, sudah siap mengembangkan bisnis kuliner Anda bersama SPOT?

Penjaja Kata

(Visited 357 times, 1 visits today)
SPOTS Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Bisnis Kuliner
Tagged on:         

One thought on “SPOTS Aplikasi Kasir Online Terbaik untuk Bisnis Kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *