Pengalaman Seru Ganti Oli Motor dan Service Rutin di Planet Ban - Blogger Bandung | Penjaja Kata
Blogger Bandung yang menyediakan berbagai kebutuhan kata
Blogger Bandung | Copywriter
16876
post-template-default,single,single-post,postid-16876,single-format-standard,bridge-core-1.0.4,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,qode-theme-ver-18.0.9,qode-theme-bridge,disabled_footer_bottom,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-5.7,vc_responsive
 

Pengalaman Seru Ganti Oli Motor dan Service Rutin di Planet Ban

Pengalaman Seru Ganti Oli Motor dan Service Rutin di Planet Ban

Memiliki kendaraan bermotor sudah pasti wajib untuk melakukan perawatan, beberapa yang terpenting tentu ganti oli motor dan service rutin. Bila biasanya Anda mencoba melakukan perawatan kendaraan bermotor ke bengkel-bengkel resmi, ada baiknya untuk mendapatkan pengalaman yang lebih spesial bisa dicoba melakukan ganti oli motor di Planet Ban.

Tak hanya melayani penggantian ataupun perawatan pada bagian ban saja, Planet Ban juga menyediakan berbagai macam pelayanan yang menarik untuk Anda pengguna kendaraan bermotor, khususnya roda dua. Selain melayani penggantian oli motor yang sempat dibahas sebelumnya, Planet Ban juga menyediakan layanan service rutin untuk memaksimalkan kinerja motor Anda.

Akhir-akhir ini saya terbiasa melakukan perawatan motor secara mandiri, berbekal pengalaman oprek-oprek dengan teman jadi saya sedikit mengetahui bagaimana proses dan cara dari masing-masing perawatan tersebut. Mulai dari mengetahui posisi serta ukuran baut pembuangan oli, bagian-bagian motor yang rutin dicek dan dibersihkan secara rutin sampai pada penggantian beberapa spare part yang sederhana seperti mengganti lampu depan atau belakang dari motor. Akan tetapi, hanya bermodalkan peralatan yang seadanya, beberapa bagian motor pun kadang sering terlewatkan untuk dilakukan perawatan, pembersihan atau sampai pergantian komponen.

Baca Juga: CARA MERAWAT MOBIL AGAR PERFORMA TERJAGA

Sebagai pengguna motor matic, salah satu bagian yang jarang tersentuh ialah di beberapa bagian CVT. Selain membutuhkan kunci-kunci khusus, membukanya pun perlu keahlian khusus. Montir-montir yang bertugas Ganti Oli Motor dan Service Rutin di Planet Ban dibekali dengan peralatan yang lengkap, sehingga dapat membuka dan membersihkan setiap detail komponen yang ada di motor Anda. Hal ini pun sangat baik, karena kita akan tahu seluk-beluk serta kondisi motor saat ini.

Seperti kondisi motor saya yang mengalami aus di beberapa bagian, montir-montir yang cekatan di Planet Ban pun cukup interaktif dan responsif saat membahas permasalahan yang dialami oleh motor saya. Juga memberikan opsi untuk penggantian dan atau cara mengakali sementara bila Anda belum sanggup melakukan penggantian. Tak perlu ribet, spare part yang diganti beberapa pun disediakan oleh Planet Ban. Walaupun tidak ada, tetapi biasanya lokasi-lokasi Planet Ban sangat dekat dengan bengkel atau toko penyedia spare part.

Oh ya, setelah tanya-tanya dan juga melihat infografis yang ada di lokasi Planet Ban, ada 3 tahap yang kita dapatkan saat melakukan service rutin di Planet Ban, di antaranya:

  1. Pengecekan dan Penyetelan Umum 8 Bagian Kendaraan
  2. Service CVT
  3. Pembersihan Thortle Body

Ketiga hal ini menjadi kunci utama untuk menunjang kendaraan kita agar dapat memberikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan bagi kita saat berkendara. Bukan hanya memiliki montir yang cekatan, peralatan kerja yang lengkap, Planet Ban pun menyediakan beragam produk-produk inovatif untuk menunjang kinerja motor menjadi jauh lebih enak saat dikendarai. Salah satunya cairan khusus yang disemprotkan di area CVT, motor saya yang tadinya sering berdecit karena ada spare part yang aus, pun dapat kembali normal setelah selesai dilakukan service rutin.

Oh ya, setelah proses service rutin selesai, mulai masuk ke tahap penggantian oli hal yang berbeda pun mulai saya alami di Planet Ban. Bila biasanya saya mengganti oli dengan membuka baut di bagian bawah, di Planet Ban oli bekas disedot langsung dari motor untuk ditampung di tempat khusus sehingga tak membuat area kerja menjadi kotor. Tak aneh memang melihat montir-montir di Planet Ban lebih rapi serta tidak kumel ataupun kucel seperti montir di bengkel kebanyakan, rata-rata montir di sini lebih rapi dan bersih walau jam kedatangan saya di sore hari sekitar jam 16.00 WIB.

Hal ini pun menjadi salah satu poin plus dari Planet Ban, bila montirnya saja bisa menjaga penampilan dengan baik, tentu ia akan menjaga kendaraan kita dengan baik juga. Bukankah begitu? Oh ya, berhubung tertarik dengan beragam kelebihan dari Planet Ban, saya pun akhirnya memutuskan memilih oli baru yang mereka rekomendasikan. Yup, oli baru sebenarnya tetapi memiliki teknologi futuristik jika dibandingkan dengan oli mesin motor yang selama ini saya gunakan.

X-Ten menjadi merk oli baru yang saya coba kali ini saat service rutin di Planet Ban. Bila mendengar penjelasan dari montir, infografis dari toko, serta info-info yang saya cari di internet mengatakan rata-rata membuat tarikan motor lebih enteng dan lebih awet. X-Ten sendiri memiliki jenis sesuai dengan spesifikasi motor tertentu, seperti yang saya gunakan X-TEN 10W40 MATIC untuk motor matic 110-125cc. Dengan degradasi minim, serta waktu penggantian 2x lebih lama dari oli biasa (Setiap ±5000Km).

Bukan cuma menang di tampang, X-Ten mengandung ESTER (Base Oil Group 5), kelas tertinggi dari semua Base Oil lainnya. Superioritas ESTER dibandingkan base oil mineral, semi synthetic & full synthetic antara lain:

  • Degradasi minim, waktu penggantian 2x lebih lama dari oli biasa (Setiap ± 5000km).
  • Tetap prima pada suhu tinggi, menjaga akselerasi motor tetap stabil.
  • Membentuk lapisan pelindung dinding silinder dari gesekan piston sehingga umur mesin menjadi lebih panjang.
  • Kemampuan cleansing tinggi, dapat membersihkan bagian mesin dari sisa pembakaran. Kelas oli yang lebih rendah akan terus menyisakan kerak sisa-sisa pembakaran di bagian mesin, yang akan mengganggu performa mesin.

Lalu, benarkah tarikannya lebih ringan? Saya akui untuk motor yang berusia udzur (kebetulan motor yang saya pakai Mio Sporty keluaran 2007 ya hehehe), tarikannya jadi jauh lebih enteng, sangat berbeda dengan efek oli sebelumnya yang saya coba. Saran saya, bila Anda termasuk yang sering lakukan penggatian oli di bengkel sesuai brand motor, ada baiknya coba sekali-kali ganti oli dan service rutin di Planet Ban dan rasakan perbedaannya.

Penjaja Kata

No Comments

Post A Comment
We work closely with you and carry out research to understand your needs and wishes.