Termometer merupakan suatu alat yang digunakan untu mengukur suhu atau mengukur perubahan suhu. Termometer ini digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk keperluan industri, kedokteran, penelitian di lab, atau keperluan lainnya. Karena pada aplikasinya, banyak orang yang perlu mengukur suhu baik suhu ruangan maupun suhu suatu zat. Banyak sekali jenis – jenis termometer yang telah di kembangkan oleh para peneliti. Salah satu penemuan termometer yaitu termometer bimetal dan termometer hambatan.

Termometer bimetal merupakan salah satu jenis termometer yang berfungsi untuk mengkur suhu atau mengukur perbedaan suhu. Prinsip dari termometer ini yang memanfaatkan perbedaan pemuaian antar dua logam. Pada termometer ini memiliki 2 keping logam dengan koefisien muai yang berbeda. Dengan adanya koefisien muai yang berbeda akan mempermudah proses pengukuran suhu. Karena 2 logam tersebut akan mulai memuai pada suhu yang berbeda. Ketia termometer bimetal terjadi perubahan suhu maka bimetal akan melengkung ke arah koefisien muai yang lebih kecil. Sedangkan ketika suhu menurun, bimetal akan melengkung ke arah keping logam yang memiliki koefisien muai yang lebih besar. Ada beberapa kegunaan dari termometer bimetal ini, diantaranya digunakan untuk mengukur suhu oven kompor, termostat, circuit breakers, atau pemanggang.

Salah satu jenis termometer lain yang telah di kembangkan saat ini yaitu termometer hambatasn. Termometer ini biasanya digunakan di industri – indutri besar. Karena di industri besar membutuhkan termometer yang mengukur suhu di atas 1000 derajat celcius. Pada kondisi suhu yang sangat tinggi itu tidak memungkinkan di ukur oleh termometer zat cair. Sehingga solusinya dengan menciptakan termometer logam yang dibuat berdasarkan hambatannya adalah termometer hambatan platina. Pada prinsipnya, suatu hambatan listrik akan bertambah beasar jika diberikan panas yang lebih tinggi. Sifat termometnik ini dimanfaatkan untuk mengukur suhu berdasarkan hambatan. Karena yang digunakannya logam platina yang memiliki titik didih yang sangat tinggi, maka termometer ini mampu mengukur suhu dengan skala industri diatas 1500 derajat celcius. Cara kerjanya dengan menyentuhkan kawat penghantar ke benda atau zat yang akan diukur. Panas tersebut akan direspon dengan naiknya hambatan, energi listrik tersebut akan diubah menjadi energi gerak dengan skala tertentu pada suhu.

 

Penjaja Kata

(Visited 8 times, 1 visits today)
Mengenal Termometer Bimetal Termometer Hambatan
Bagikan ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *