Meditasi Latihan Fokus, Penjaja Kata. Fokus dalam mengerjakan suatu pekerjaan merupakan hal yang wajib dilakukan. Walaupun kita tergolong orang yang multitasking, menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik dan benar tentulah membutuhkan fokus yang baik. Sayangnya, tidak semua orang dapat fokus saat mengerjakan suatu pekerjaan, selebihnya bahkan butuh waktu yang lama agar dapat fokus kembali bekerja.

Lalu, apakah fokus bisa dilatih agar menjadi lebih baik? Ya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kita dapat lebih fokus saat mengerjakan suatu pekerjaan dengan melakukan meditasi latihan fokus. Berikut ini ulasannya:

1. Lepaskan diri dari rutinitas dan lihatlah objek yang ada di sekitar kita, seperti daun atau pohon yang hijau, bunga, atau air.

2. Jika sudah melihat bunga, fokus pada setangkai bunga saja. Jika melihat pohon, fokus pada selembar daunnya saja. Perhatikan baik-baik objek tersebut.

Baca juga : Meditasi Tidur Siang 10 Menit Setelah Makan Siang

3. Cobalah untuk menyentuhnya, mencium aromanya, dan dengar suara yang muncul di telinga kita. Memerhatikan objek dengan menggunakan pancaindra bermanfaat untuk mengistirahatkan otak dan meningkatkan daya pengamatan terhadap suatu objek.

4. Setelah mengamati satu objek selama 5 menit, ungkapkan semua hal yang berhubungan dengan objek tersebut. Pejamkan mata dan gambarkanlah hal tersebut.

5. Misalnya, kita teringat hal-hal yang berhubungan dengan bunga. Tiba-tiba, ingatan tentang masa kecil muncul kembali. “Aku ingat rumah tempat tinggalku dulu …” Setelah itu, kita bisa ingat kembali bagaimana suasana rumah tersebut, bagaimana bentuk rumah kita dahulu. Kita juga kembali merasakan bunyi langkah kaki ayah yang baru pulang kerja, kemudian makan malam bersama keluarga.

6. Dengan memutar kembali kenangan di pikiran, tanpa sadar suasana hati kita menjadi lebih baik dan timbul kerinduan untuk merasakannya kembali. Jika kita orang yang sangat emosional, bisa saja sampai menangis. Setelah selesai, renungkanlah kenangan tersebut dalam keseharian.

Baca juga : Meditasi Untuk Melepaskan Amarah

Itulah ulasan mengenai Meditasi Latihan Fokus, silakan dicoba dan semoga bermanfaat juga membantumu bekerja lebih fokus, ya. Ulasan ini dikutip dari buku berjudul Self Healing At The Office yang diterbitkan oleh Penerbit Qanita.

Bagi yang ingin lebih fokus dalam bekerja, materi di dalam buku ini cocok dijadikan panduan. Mari fokus dalam bekerja dan nikmati kerja bebas pikiran dan stroke. 😉

 

Penjaja Kata

(Visited 81 times, 1 visits today)
Meditasi Latihan Fokus
Bagikan ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *