Cara Merawat Mobil Agar Performa Terjaga - Blogger Bandung | Penjaja Kata
Blogger Bandung yang menyediakan berbagai kebutuhan kata
Blogger Bandung | Copywriter
16796
post-template-default,single,single-post,postid-16796,single-format-standard,bridge-core-1.0.4,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,qode-theme-ver-18.0.9,qode-theme-bridge,disabled_footer_bottom,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-5.7,vc_responsive
 

Cara Merawat Mobil Agar Performa Terjaga

Cara Merawat Mobil Agar Performa Terjaga

Cara Merawat Mobil Agar Performa Terjaga

Pengendara roda empat tentu wajib melakukan perawatan mobil untuk mempertahankan performa mobil. Ketika Anda memiliki sebuah mobil, sangatlah patut untuk dijaga karena perawatan mobil sendiri sangatlah mudah untuk dilakukan.

Perawatan berkala sangatlah dibutuhkan untuk membuat mobil tetap dalam performa maksimalnya. Bagi pemilik kendaraan roda empat ada beberapa cara merawat mobil agar performa tetap terjaga dengan baik. Pada kesempatan kali ini akan kita coba bahas dengan cukup lengkap.

Perlu diingat sekali lagi bahwa perawatan mobil tidak perlu keahlian yang mengharuskan kita paham seluk beluk mobil seperti seorang montir. Sebagai contoh Anda paham bahwa kondisi AC pendingin sedang tidak baik, maka harus segera dibawa ke tempat service ac mobil, jika kondisi mesin sedang tidak prima bawa ke bengkel mesin mobil.

Cara Merawat Mobil Agar Performa Terjaga

Lalu seperti apa sih tips dan trik untuk cara merawat mobil? Langsung saja kita cek artikel ini lebih lanjut.

Perawatan Ringan Mobil

Tergantung dari jenis dan tipe mobil yang Anda gunakan perawatan mobil dibagi menjadi beberapa macam. Untuk perawatan mobil baru tentu caranya sangat mudah, karena masih bisa memiliki beberapa kelebihan seperti service gratis dari bengkel – bengkel pabrikan resmi.

  • Service Berkala

Hal yang pertama dilakukan untuk perawatan mobil adalah melakukan service berkala. Melakukan service berkala wajib dilakukan paling lambat 6 bulan sekali atau berdasarkan kilometer jarak tempuh yang dianjurkan oleh setiap pabrikan mobil. Biasanya service berkala ini akan mengambil beberapa perawatan seperti ganti oli, kemudian pengecekan saringan udara atau filter, mengecek kondisi pengereman, dan pengecekan ban.

berapa kali service mobil dalam setahun

Untuk mobil – mobil keluaran tahun lama tidak harus menggunakan bengkel service resmi. Anda juga bisa menggunakan layanan bengkel terdekat di sekitar Anda. Dengan menggunakan layanan bengkel terdekat Anda akan lebih mudah untuk terus melakukan upaya perawatan. Pastikan untuk terus melakukan perawatan dan service berkala setiap 3, 6, bulah atau 1 tahun.

  • Cek Tekanan Ban Sebelum Kendaraan Digunakan

Terkadang salah satu hal sepele yang sering terlupakan adalah tekanan ban. Seharusnya Anda harus melakukan pengecekan tekanan ban sebelum kendaraan digunakan. Ada banyak sekali tools atau alat tambahan yang bisa dimanfaatkan, namun paling tidak Anda bisa merasakan bahwa tekanan ban kurang ketika berkendara.

cara cek tekanan ban

Menurut beberapa sumber tekanan ban yang paling aman untuk digunakan tertera secara jelas di petunjuk penggunaan setiap pabrikan. Secara universal tekanan ban yang paling aman adalah 30 psi (untuk mobil ukuran kecil), 36 psi (untuk mobil ukuran sedang), dan 42 psi (untuk mobil ukuran besar).

  • Rawat Aki Mobil

Aki mobil adalah sebuah perangkat dan komponen yang sangat penting dalam sebuah mobil. Ada baiknya jika Anda melakukan perawatan aki mobil dengan baik. Jika masih menggunakan aki mobil dengan cairan sebaiknya perhatikan isi cairan yang ada di dalamnya, jangan sampai kekurangan ataupun kelebihan. Dianjurkan juga melihat kesehatan aki, cek apakah tenaga listrik masih sehat, atau perlu untuk di charge. Pertimbangkan untuk menggunakan aki kering jika Anda masih menggunakan aki dengan sistem cairan.

Baca: Berjualan dengan Mobil Pribadi, Solusi untuk Berdagang Tanpa Khawatir Kenaikan Sewa Bangunan

  • Cek Panel Kelistrikan

Perawatan yang harus sering dilakukan selanjutnya adalah panel kelistrikan. Memang masalah kelistrikan sangat jarang menjadi masalah utama terutama untuk mobil keluaran baru, namun jika sudah menjadi masalah perkabelan ini akan sangat sulit untuk dibenahi. Pastikan anda mengecek panel listrik dan kabel yang ada di dalam mobil apakah ada bagian yang terkelupas atau tidak. Beberapa kabel yang terkelupas bisa menyebabkan korsleting atau hubungan arus pendek. Ekstremnya kendaraan roda empat bisa terbakar. Pastikan juga untuk menggunakan kabel otomotif dengan kualitas terbaik jika ingin mengganti sistem kelistrikan dan perkabelan di dalam mobil Anda.

Itu dia beberapa tips dan cara merawat mobil untuk Anda perhatikan. Jangan sampai terlewat untuk merawat mobil agar tetap nyaman dan aman digunakan. Pastikan juga untuk berkonsulitasi dengan profesional karena biasanya orang yang memiliki pengalaman akan lebih mudah memberikan tips perawatan mobil Anda.

No Comments

Post A Comment
We work closely with you and carry out research to understand your needs and wishes.