Power Supply atau PSU adalah salah satu komponen pada komputer yang berfungsi untuk menyuplai tegangan arus listrik ke setiap komponen komputer lainnya yang membutuhkan daya. Dengan kata lain, komputer tanpa power supply tidak akan bisa berfungsi dan tidak dapat dinyalakan. Bisa dibilang, power supply adalah jantungnya komputer. Maka itu, pilihlah power supply yang bagus dan berkualitas agar komputer yang Anda miliki tetap berfungsi dengan baik. Semakin tinggi spesifikasi komputer maka semakin tinggi juga kebutuhan daya listrik yang dibutuhkan. Berikut kiat-kiat yang tepat memilih power supply yang terbaik.

Perkirakan Jumlah Daya yang Dibutuhkan

Carilah power supply PC yang memiliki cukup daya untuk memenuhi kebutuhan listrik pada komputer. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Memiliki UL Number

UL number adalah tanda produsen pada sebuah power supply. Carilah power supply yang sudah memiliki UL number untuk mengetahui identitas produsen atau pabrik pembuat power supply tersebut. Apabila ragu, Anda bisa mengetahui kualitas produk power supply dari UL Number yang dapat dicek secara online lewat situs resmi UL number.

Memiliki Label Spesifikasi

Label yang dimaksud adalah label spesifikasi voltase dan ampere yang digunakan. Label spesifikasi ini biasanya ada di power supply yang berkualitas, produsen akan menempelkan label pada body power supply. Anda bisa mengecek kebenaran label dengan mengukurnya lewat voltmeter atau ampere meter. Pastikan spesifikasi yang ada pada label tersebut sama persis dengan hasil pengukuran yang tertera.

Memiliki Kemampuan Lain

Power supply yang berkualitas dan terbaik untuk komputer Anda tidak hanya berfungsi untuk menyuplai daya listrik. Power supply yang terbaik harus mempunyai kemampuan lain diantaranya Acrtive PFC (Power Factor Correction). PFC adalah rangkaian khusus yang digunakan untuk mengukur seberapa efisien konsumsi daya listrik pada kompiter Anda. Selain PFC, power supply yang terbaik juga harus memiliki kemampuan Over Voltage Protection dan Continuous Output. Voltage Protection adalah kemampuan power supply yang berfungsi untuk mencegah kerusakan komponen yang terhubung karena adanya lonjakan voltase listrik. Sementara itu Continuous Output adalah kemampuan power supply yang memberikan daya setiap komponen membutuhkannya.

Bila kiat-kiat diatas sudah dilakukan, bisa dipastikan komputer yang Anda miliki akan bekerja jauh lebih optimal. 😉

Penjaja Kata

(Visited 79 times, 1 visits today)
Cara Memilih Power Supply PC Terbaik Buat Kamu
Bagikan ke:

2 thoughts on “Cara Memilih Power Supply PC Terbaik Buat Kamu

  • July 16, 2017 at 12:46 pm
    Permalink

    Ngomong2 kisaran hargaharga brp untuk power suply yg bagus ????

    Reply
    • September 30, 2017 at 10:57 am
      Permalink

      Kisarannya di atas 500 ribu pasti udah bagus gan. Dia udah pake sistemn batere buat back up energi gitu.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *