5 Tokoh Muslim Indonesia dengan Prestasi Mendunia, Penjaja Kata. Indonesia adalah negara dengan penduduk beragama Muslim terbesar di dunia. Lalu, apakah prestasi tokoh-tokoh Muslimnya mendunia juga? Pasti akan ada beberapa orang yang skeptis untuk menjawab pertanyaan tersebut. Perasaan skeptis tersebut muncul tentu karena kurangnya informasi, juga kurangnya rasa keingin-tahuan yang lebih untuk menelusuri prestasi-prestasi mendunia yang telah diraih oleh para tokoh Muslim di Indonesia.

Harus kamu ketahui, bahwa cukup banyak tokoh-tokoh Muslim yang berasal dari Indonesia, ternyata memiliki prestasi-prestasi yang mendunia, baik itu prestasi berupa gelar maupun penghargaan di berbagai bidang. Berikut ini adalah beberapa tokoh Muslim Indonesia yang memiliki prestasi mendunia, silakan disimak:

*****

  1. ABDURRAHMAN WAHID (1359-1431 H/1940-2009 M)

Selain diakui dalam skala nasional, ternyata ketokohan Presiden Republik Indonesia ke-4 juga diakui oleh dunia internasional. Beberapa gelar internasional pun telah diraih, di antaranya adalah gelar doktor honoris causa dari Universitas Paris dan Asian Institute of Technology dari Soka University. Ia juga meraih Ramon Magsatsat Award for Community Leadership dari Ramon Magsaysay Foundation Filipina, pada 1411 H/1911 M.

Abdurrahman Wahid - Gus Dur - Tokoh Muslim Indonesia - Penjaja Kata

 

  1. DELIAR NOOR (1344-1429 H/1926-2008 M)

Larangan untuk mengajar di semua perguruan tinggi di seluruh Indonesia karena alasan dianggap menghasut mahasiswa, pernah dialami oleh salah seorang cendekiawan Muslim Indonesia ini. Walaupun begitu, kejadian tersebut justru menjadi gerbang pembuka karir mengajarnya di dunia internasional. Hal ini terbukti dengan datangnya tawaran untuk mengajar dan melakukan penelitian yang datang dari pihak Australia, Chicago, dan Singapura.  Selain itu ia juga mendapat tawaran untuk mengajar di Universiti Kebangsaan Malaysia, Kuala Lumpur.

DELIAR NOER  - Tokoh Muslim Indonesia - Penjaja Kata

 

  1. HANS BAGUE JASSIN (1335-1420 H/1917-2000 M)

Walaupun sempat membuat beberapa aksi kontroversial, tokoh sastrawan Indonesia yang mendapat julukan “Wali Penjaga Sastra Indonesia” ini pernah mendapatkan penghargaan Martinus Nijhoff Award dari Prins Bernhard Ford Belanda (1393 H/1973 M) dan Ramon Magsaysay Award dari Ramon Magsaysay Award Foundation Filipina (1407 H/1987 M).

Hans Bague Jassin - Tokoh Muslim Indonesia - Penjaja Kata

 

  1. MOHAMMAD NATSIR (1326-1413 H/1908-1993 M)

Tokoh Muslim Indonesia ini dikenal sebagai tokoh yang mengemukakan konsep teistik-demokrasi, yaitu sebuah upaya sosialisasi nilai-nilai demokrasi yang didalamnya terkandung nilai-nilai ketuhanan. Mohammad Natsir adalah anggota Dewan Pendiri The Oxford Centre for Islamic Studies di London. Selain itu, ia juga bergabung dengan Liga Muslim Sedunia (Rabithah Al-Alam Al-Islami) yang bermarkas di Makkah dan Dewan Masjid Sedunia pada 1396 H/1976 M. Atas jasa dan pengabdiannya, pada 1400 H/1980 M, Natsir mendapat anugerah King Faisal International Prize bersama Sayyid Abu Al-Hassan Ali Al-Nadwi dari India.

Mohammad Natsir - Tokoh Muslim Indonesia - Penjaja Kata

 

  1. SOEDJATMOKO (1340-1410 H/1922-1989 M)

Ilmuwan Indonesia ini pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di Tokyo, Jepang. Berbagai gelar internasional pun telah didapatkannya seperti doctor honoris causa dari Yale University (Amerika Serikat), Cedar Crest College (Amerika Serikat), Williams College (Amerika Serikat), Universitas Kwansei Gakuin (Jepang), Asian Institute of Technology (Thailand), dan Universitas Sains Malaysia. Sedangkan berbagai penghargaan yang ia terima, antara lain The Asia Society Award dan Ramon Magsaysay Award.

 

*****

Masih banyak tokoh-tokoh Muslim Indonesia lainnya, yang memiliki prestasi mendunia dan tentunya dapat akan memberikan semesta inspirasi. Informasi dan materi mengenai 5 Tokoh Muslim Indonesia dengan Prestasi Mendunia, saya dapatkan dari buku Ensiklopedia Tokoh Muslim yang diterbitkan oleh Penerbit Mizan tahum 2015.

Ensiklopedia Tokoh Muslim - Penjaja Kata

Bagi yang mau beli, harganya di atas 100 ribu rupiah. Tapi kalau ada yang mau buku ini gratis, harap bersabar saja, ya. Insya Allah nanti saya akan membuat giveaway buku-buku terbitan Penerbit Mizan yang masih terbungkus plastik. 😉

Buku Terbitan Penerbit Mizan - Penjaja Kata

Kapan dan bagaimana teknisnya, masih dirahasiakan. Pokoknya, bagi yang mau ikutan, main terus ke blog Penjaja Kata. Mau follow akun Twitter & IG juga boleh kok, asal jangan lupa ingatkan saya untuk follow balik akun kamu, ya. 🙂

Penjaja Kata

(Visited 1,599 times, 1 visits today)
5 Tokoh Muslim Indonesia dengan Prestasi Mendunia
Bagikan ke:

9 thoughts on “5 Tokoh Muslim Indonesia dengan Prestasi Mendunia

  • January 16, 2016 at 6:42 pm
    Permalink

    Sangat bangga melihat sosok fenomenal muslim yang turut berprestasi dan mengharumkan agama itu sendiri. Semoga kita semua juga dapat mencontoh prestasi terbaik mereka. Aamiin 😀

    Reply
    • January 18, 2016 at 11:24 pm
      Permalink

      Alhamdulillah, semoga bisa bermanfaat dunia akhirat. 🙂

      Reply
  • January 19, 2016 at 8:17 am
    Permalink

    Ternyata pengetahuan sy krg ttg tokoh2 Islam, beberapa sy tdk tahu…tfs ys

    Reply
    • January 22, 2016 at 12:50 am
      Permalink

      Alhamdulillah kalau postingan saya dapat bermanfaat. Semangat untuk terus belajar, mba. 😀

      Reply
  • January 20, 2016 at 5:26 am
    Permalink

    Selain tokoh di atas, masih ada tokoh inspiratif yang juga tak kalah berprestasi, yaitu BJ Habibie, yang bikin pesawat terbang itu lho. Btw salam silaturahmi bloggernya,
    terimakasih 😀

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *