4 Senjata Penghancur Nafsu, Penjaja Kata. Perkara yang bisa menghalangi pandangan mata hati untuk melihat Allah adalah nafsu. Nafsu selalu menutupi hati manusia yang ingin memandang Tuhannya. Apabila nafsu berhasil dikalahkan, mata hati bisa memandang Allah. Namun, perjuangan untuk mengalahkan nafsu, tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi perlu upaya maksimal dan kerja keras.

Dalam menggambarkan begitu besar dan banyaknya nafsu yang menghalangi hati manusia, para ulama membagi nafsu menjadi tujuh  macam, yaitu nafsu amarah, lawwamah, mulhimah, radhiyah, mardhiyah, muthmainnah, dan kamilah. Masing-masing nafsu memiliki 10 ribu hijab yang harus dilewati sehingga semuanya berjumlah 70 ribu hijab. Para ulama memberikan senjata untuk mengalahkan nafsu-nafsu tersebut, apa sajakah senjata tersebut?

1. Diam

Bila ingin mengalahkan hawa nafsu, harus sering melakukan “tirakat diam”. Diam berarti berhenti membicarakan dan melakukan sesuatu hal yang haram seperti menggunjing, berburuk sangka, mengumpat, menghina, dan menyakiti. Atau sesuatu yang boleh, tetapi tidak mendatangkan manfaat, seperti banyak bercanda dan berkeluh kesah. Dengan banyak diam, perlahan nafsu dalam jiwa bisa dikendalikan.

Baca juga :Meditasi Untuk Melepaskan Amarah

2. Lapar/Puasa

Nafsu selalu mengajak manusia untuk tidak telat mengisi perutnya ketika lapar. Bahkan, tidak lapar sekalipun, nafsu sering kali minta untuk diisi. Nafsu lapar yang dikenyangkan akan membuat manusia mudah mengantuk. Orang yang sering mengantuk sulit terbuka hatinya untuk menerima ilmu, hikmah, dan akan lupa kepada Allah Swt. Di samping itu, perut yang kenyang akan membangkitkan nafsu berahi. Nafsu tersebut, selalu bergelora yang menjadikan hati terus melemah sehingga akan semakin jauh dari hidayah Allah Swt.

3. Begadang 

Kebiasaan yang banyak dilakukan oleh orang-orang saleh adalah mengisi sebagian malamnya dengan shalat Tahajud, berzikir, dan bermunajat kepada Allah Swt. Karena di dalam kesunyian mala, hati akan mudah berkomunikasi dengan Allah. Dalam tahajud, saat memohon ampun kepada Allah, nafsu perlahan-lahan akan bisa diatur.

4. Menyendiri

Salah satu sebab yang mendatangkan banyaknya dosa adalah banyak berkumpul dengan manusia. Ketika kumpul, terjadi pergunjingan, mengumpat, menghina, merendahkan, marah, dan lain-lain. Namun, ketika menyendiri, maksiat-maksiat itu tidak akan pernah terjadi. Ketika menyendiri, seseorang akan lebih fokus berdoa dan berzikir. Akal akan mudah berpikir tentang kebesaran Allah Swt., dan takjub dengan keindahan-Nya. Hatinya benar-benar merasakan wibawa Allah.

*****

Itulah sekelumit ulasan mengenai 4 Senjata Penghancur Nafsu, semoga bisa bermanfaat. Materi ini diambil dari buku berjudul Jangan Khawatir, Allah Bersamamu! Sebab Allah Pasti Menolongmu. Buku ini diterbitkan oleh Penerbit Mizania di tahun 2017.

Bagi yang ingin lebih giat lagi dalam mendekatkan diri kepada Allah, buku ini layak untuk kamu jadikan teman bacaan yang menyegarkan iman dan takwa. 🙂

Penjaja Kata

Postingan Rekomendasi
Meditasi Latihan Fokus
Article Name
Meditasi Latihan Fokus
Description
Meditasi dapat melatih fokus dan meningkatkan performa kita saat bekerja. Mari dicoba dan rasakan manfaatnya! Simak di https://penjajakata.com/blog/meditasi-latihan-fokus/
(Visited 102 times, 1 visits today)
4 Senjata Penghancur Nafsu
Bagikan ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *