3 Mimpi Besar Indonesia dari Konferensi Forum MPR Dunia - Blogger Bandung | Penjaja Kata
Blogger Bandung yang menyediakan berbagai kebutuhan kata
Blogger Bandung | Copywriter
16892
post-template-default,single,single-post,postid-16892,single-format-standard,bridge-core-1.0.4,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,qode-theme-ver-18.0.9,qode-theme-bridge,disabled_footer_bottom,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-5.7,vc_responsive
 

3 Mimpi Besar Indonesia dari Konferensi Forum MPR Dunia

3 Mimpi Besar Indonesia dari Konferensi Forum MPR Dunia

Indonesia selalu memiliki cara untuk bisa menonjol di mata dunia. Bukan, bukan karena kasus menyedihkan yang terjadi di Kanjuruhan, tetapi melalui konferensi forum MPR dunia yang dilaksanakan selama 3 hari, 24- 26 Oktober 2022. Memilih kota Bandung sebagai kota yang kaya akan historis, terutama bagi MPR itu sendiri, ada banyak negara yang diundang untuk hadir di acara yang akan menjadi momentum luar biasa di masa depan.

Ya, gaung acara ini memang tidak sekencang perayaan G20 di Bali, karena inisiasi yang dilakukan pun masih terhitung baru oleh MPR Republik Indonesia. Melalui acara Diskusi Dengan Netizen pada tanggal 22 Oktober 2022 yang diselenggarakan di Hotel Novotel, saya mendapatkan banyak insight yang menarik dari adanya inisiasi hebat tersebut. Turut hadir di acara bapak Prof Dr Ir Fadel Muhammad, Plt. Selaku Deputi Bidang Administrasi Setjen MPR RI bersama Ibu Siti Fauziah, SE, MM, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga, Biro Humas dan Sistem Informasi Setjen MPR bapak Budi Muliawan, SH, MH.

Forum Majelis Permusyawaratan Rakyat Dunia, direncakana melibatkan banyak negara. Akan tetapi, mengingat persiapannya yang sangat mendadak, hanya beberapa negara yang kami dapatkan informasinya siap hadir ke acara tersebut diantaranya Bahrain, Maroko, Pakistan, Jordania, Yaman, Saudi Arabia, Malaysia, Mesir, Palestina, Aljazair, Mozambik dan Iran. Selain delegasi dari negara yang telah disebutkan sebelumnya, rencananya forum ini juga akan dihadiri oleh organisasi internasional yakni Parliamentary Union of the OIC Member States (PUIC).

Apa sih yang membuat acara ini sangat begitu bernilai, bahkan sampai bisa dikatakan menjadi mimpi besar Indonesia yang layak untuk diwujudkan? Ada 3 poin yang dapat saya garis bawahi setelah mengikuti acara tersebut, di antaranya:

1. Membangun Forum Antar MPR dari Berbagai Negara

MPR adalah lembaga negara pelaksana kedaulatan rakyat yang memiliki kewenangan tertinggi untuk mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar, hingga saat ini lembaga ini belum memiliki forum internasional yang bisa menjadi wadah persatuan dan ruang untuk membuka kerjasama bilateral maupun multilateral bagi berbagai negara. Berbeda halnya dengan DPR yang telah memiliki forum internasionalnya sendiri.

Untuk itulah, akan sangat banyak sekali perubahan-perubahan besar yang terjadi di dunia, apabila dunia telah memiliki forum komunikasi yang melibatkan MPR dari berbagai negara.

2. Mewujudkan Persatuan Antar Negara Islam

Sudah menjadi rahasia umum bila hingga saat ini ada beberapa negara Islam, yang mengalami konflik dengan negara Islam lainnya bahkan posisinya pun mereka masih bertetangga. Contohnya seperti yang dialami oleh Aljazair dengan Maroko. Indonesia yang memiliki citra sebagai salah satu negara dengan umat muslim terbanyak di dunia, tentunya memiliki peran emosional dalam membangun perdamaian negara Islam dunia.

Dengan ideologi Pancasila yang kita miliki, setidaknya pihak MPR Indonesia dapat berbagi pandangan mengenai nilai-nilai ideologi Pancasila yang hingga kini sukses diberlakukan di negara kita tercinta. Ya, memang belum sempurna untuk semua kalangan, tetapi setidaknya kita dapat memberikan hal baik pada dunia setelah berperan untuk mewujudkan mimpi para pendiri bangsa.

3. Menghadirkan Warisan Intelektual Baru bagi Anak Cucu Kita di Masa Depan

Dalam perkembangan dunia yang sangat cepat dan masif, Indonesia memang tertinggal jauh bila melihat dari sisi teknologi. Hal ini tentu akan meninggalkan rasa sedih dan ketidakpercayaan diri pada bangsa Indonesia dengan negaranya, terutama kebanggaannya untuk menjadi bangsa Indonesia yang berkualitas dan meninggalkan warisan yang membanggakan bagi anak cucu kita di masa depan.

Forum MPR Dunia dapat menjadi sebuah bentuk inovatif dari MPR Republik Indonesia, langkah luar biasa yang dapat menjadi warisan intelektual yang membanggakan bagi anak cucu kita di masa depan.

Untuk itulah, dukungan harus selalu kita berikan pada MPR agar acara ini dapat terlaksana dengan baik, cukup dengan menjadi bagian dari wajah Indonesia yang menyenangkan bagi para perwakilan negara yang hadir ke Indonesia.

Penjaja Kata

No Comments

Post A Comment
We work closely with you and carry out research to understand your needs and wishes.