Bagi segelintir orang membaca buku menjadi kegiatan yang membosankan, hal itu lumrah terjadi bagi setiap orang yang jarang membaca buku, apalagi bila buku yang dibaca tersebut adalah buku-buku yang berisikan kata-kata yang resmi dan formal alhasil bukannya semakin asyik membaca malah akan membuat mata kita semakin mengantuk dibuatnya.

Membaca memang menjadi sebuah kegiatan yang dibutuhkan oleh manusia dalam proses pengembangan diri, dan buku menjadi sarana yang cocok untuk kegiatan membaca. Memang seiring semakin berkembangnya teknologi, kegiatan membaca menjadi semakin praktis dengan hadirnya artikel berbagai macam informasi dari internet dan juga buku elektronik (E-Book), sehingga setiap orang yang  membutuhkan informasi tidaklah harus menjelajahi setiap perpustakaan untuk mencari buku-buku yang berisi informasi yang dicarinya.

Namun memang tidak dapat dipungkiri memang berbagai macam informasi yang ada diinternet pun memang berasal dari berbagai buku, apabila ditinjau dari segi kualitas membaca buku tentu akan lebih baik. Selain itu diketahui pula bahwa daya tahan mata terhadap layar monitor pun memang kurang baik dibandingkan daya tahan mata terhadap buku.

Khasiat dari membaca yang awam diketahui adalah menambah ilmu dan wawasan pengetahuan, selain itu khasiat dari membaca yang lain adalah dapat memperbaiki kosa kata dan juga menambah pembendaharaan kata.

Membaca buku memang banyak manfaatnya, berikut ini adalah beberapa tips agar dapat asyik membaca buku yang mungkin bisa menumbuhkan hasrat kita agar dapat menyukai kegiatan tersebut:

1. Mulai Membaca Buku Berdasarkan Hobi

Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda, hobi bagaikan menjadi candu karena sanggup membuat orang bersedia mengorbankan materil maupun non materil untuk kepuasan dalam menjalani hobinya tersebut. Berbagai macam bidang memang dapat menjadi hobi bagi setiap orang seperti musik, olahraga, seni, dlsb. Buku memang sebuah sarana yang universal untuk penyebaran suatu ilmu, berbagai macam hal memang banyak yang dijadikan sebuah buku, baik itu yang bersifat akademik maupun non akademik.

Maka dari itu dengan membaca buku-buku yang memang sejalan dengan hobi kita akan semakin menambah semangat dan gairah kita untuk membaca buku, selain itu tentu hobi kita pun akan semakin berkembang lebih baik. Bahkan menurut Andrie Wongso, salah satu motivator terbaik Indonesia, dengan semakin seringnya kita membaca buku yang berhubungan dengan bidang yang kita sukai maka akan membuat kita menjadi ahli dalam bidang tersebut.

2. Sering-sering berkunjung ke toko buku

Banyak orang mengatakan bahwa hanya mengunjungi toko buku hanya ketika membutuhkan sebuah buku saja, padahal dengan seringnyakita mengunjungi toko buku baik itu hanya sekedar untuk melihat ataupun membaca buku di toko buku akan semakin menambah ketertarikan kita untuk membaca buku. Cobalah sisihkan waktu yang teratur untuk mengunjungi took buku baik itu hanya sekedar melihat ataupun membaca saja, ataupun jika ingin membeli buku itu akan jauh lebih baik karena kita dapat membaca buku tersebut disetiap waktu senggang ketika kita sedang tidak ditoko buku. Sama halnya seperti toko barang-barang lain, ditoko buku pun banyak menawarkan berbagai macam diskon yang memang cukup menarik untuk dicoba.

3. Menjadi Penulis

Penulis memang salah satu pekerjaan yang masih kalah pamornya dibandingkan PNS (Pegawai Negeri Sipil), padahal pekerjaan yang satu ini tidaklah membutuhkan strata pendidikan yang tinggi maupun mengikuti berbagai macam seleksi yang cukup rumit. Setiap orang mungkin memang bisa menulis, tetapi memang hanya sedikit yang sanggup menjadi penulis, biasanya kebanyakan orang tersendat dengan pertanyaan “apa yang harus saya tulis?”.

Untuk menjadi seorang penulis sebenarnya gampang, dengan niat yang kuat dan berani menuliskan apa yang terlintas didalam pikiran kita saja itu sudah menjadi tiket kita untuk menjadi seorang penulis, namun memang tidak cukuo hanya itu saja agar kita dapat menjadi penulis yang baik. Maka dari itu membaca buku adalah suatu kegiatan yang harus dijadikan sebuah kebiasaan, karena dengan membaca buku kita dapat menambah pembendaharaan kata agar kita tidak canggung untuk menulis serta agar kita tahu bagaimana tata kepenulisan yang baik benar dari buku-buku yang kita baca tersebut.

“Buku adalah gudangnya ilmu” adalah pepatah tua yang akan selalu terngiang, tentu kita akan semakin puas apabila mencari ilmu langsung digudangnya bukan?

Penjaja Kata

(Visited 318 times, 1 visits today)
Tips Asyik Baca Buku
Bagikan ke:

7 thoughts on “Tips Asyik Baca Buku

  • April 11, 2014 at 2:31 am
    Permalink

    makasih sarannya. ku suka,

    Reply
    • April 11, 2014 at 6:32 am
      Permalink

      Sama2, semoga bermanfaat. 🙂

      Reply
    • April 29, 2014 at 6:18 am
      Permalink

      ok bung.

      Reply
    • May 6, 2014 at 11:26 am
      Permalink

      Terima kasih sudah berkunjung, salam kenal juga.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *