PENDAHULUAN

Banyak orang yang mengetahui manfaat menulis. Banyak orang yang telah mengupas manfaat menulis. Banyak juga orang yang ingin bisa menulis. Namun, banyak juga yang belum mengetahui bagaimana caranya menulis.
Menulis dapat menghilangkan stres, menulis dapat digunakan sebagai terapi, menulis dapat menyimpan memori, dan masih banyak lagi manfaat dari menulis. Bahkan, Joshua M. Smyth, seorang psikolog dari Syracus University, menyatakan dalam bukunya “The Miracle of Writing” bahwa menulis dapat mengurangi berat badan, meningkatkan kualitas tidur, menyehatkan kulit wajah, dan menjernihkan pikiran.
Selain bermanfaat bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari, bagi kehidupan sosialnya, kesehatan, atau hanya sekedar menyalurkan hobi, menulis juga sangat bermanfaat dalam kehidupan karir seseorang. Tidak sedikit seorang profesional yang dituntut mampu untuk membuat tulisan, baik berupa laporan, karya tulis, materi presentasi, dan lain-lain yang dapat menunjang kelangsungan karir mereka.
Beberapa orang menganggap bahwa menulis adalah kegiatan sepele, membuang-buang waktu, membosankan, dan lain-lain. Ada yang menganggapnya bahwa menulis itu mudah tapi ada pula yang menganggapnya susah.
Menulis membutuhkan strategi. Alasan itulah yang mendorong kami untuk menyelenggarakan kegiatan seminar menulis dan bermaksud menjalin kerjasama dengan perusahaan Bapak/Ibu dalam menyukseskan acara ini.

TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan yang akan diselenggarakan bertujuan:
1. Peserta dapat mengenali beberapa bentuk tulisan dan strateginya.
2. Peserta dapat menyusun strategi menulis.
3. Peserta dapat membuat contoh tulisan sederhana dengan menggunakan strategi yang telah dikuasai.

BENTUK KEGIATAN

Bentuk kegiatan berupa “Seminar Strategi Menulis”, dengan fokus pada: Pelatihan Membuat Tulisan dalam Meningkatkan Kompetensi.

TEMA KEGIATAN
Tema kegiatan adalah :
Strategi Menulis dalam Meningkatkan Kompetensi dalam Profesi

NARA SUMBER
1. Suherman:
Penggiat Literasi Masyarakat Literasi Indonesia dan Ikatan Pustakawan Indonesia, Penulis buku dan Pemenang Medali Emas CONSAL (Congress of South Asia Librarians) Outstanding Librarian Award. Pustakawan Berprestasi Terbaik Tingkat Asia Tenggara (2012-2015)
2. Eko Prasetyo:
Penggiat Literasi Eureka Academia dan Ikatan Guru Indonesia, Penulis buku dan artikel media massa.

SASARAN KEGIATAN

1. Peserta yang dapat mengikuti kegiatan ini adalah Pustakawan, Guru, Dosen, Mahasiswa, Pelajar, Profesi lain dan Masyarakat Umum yang ingin memulai, mengembangkan, dan meningkatkan keterampilan dalam menulis.
2. Target peserta: 200 orang

WAKTU PELAKSANAAN DAN TEMPAT PELAKSANAAN

1. Waktu
a. Hari/Tanggal  : 8 September 2013
b. Jam                    : 08.00 – selesai
2. Tempat             : Gedung Serbaguna Masjid Salman ITB, Jl. Ganesha No. 7 Bandung.

INFORMASI & PENDAFTARAN
Setiap peserta seminar memberikan kontribusi sebesar Rp. 100.000,-. Dengan membayar kontribusi tersebut, peserta akan mendapatkan sebuah buku berjudul “Mereka Besar Karena Membaca” dan 1 (satu) bonus buku dengan judul lain (bebas), sertifikat, snack dan makan siang.
Pendaftaran ditutup tanggal 21 Agustus 2013. Pembayaran terakhir tanggal 2 September 2013. Pendaftaran dapat dilakukan melalui email: bagusramdan@gmail.com. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank:
Mandiri 1320003144681 a.n. Bagus Ramdan
BNI 0213140877 a.n. Bagus Ramdan
BCA 0080573383 a.n. Bagus Ramdan
Konfirmasi pembayaran dapat dilakukan melalui email atau SMS ke 0813-22180103

PENUTUP
Demikianlah proposal kegiatan ini kami sampaikan. Kami berharap seluruh kegiatan dapat berjalan dengan lancar dan sukses mencapai tujuan dengan dukungan penuh dari berbagai pihak yang terkait.
Atas perhatiannya, kami ucapkan terima kasih.

Bandung, 25 Juni 2013
Ketua Panitia

Bagus Ramdan

(Visited 5 times, 1 visits today)
STRATEGI MENULIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DALAM PROFESI
Bagikan ke:

One thought on “STRATEGI MENULIS DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI DALAM PROFESI

  • July 25, 2013 at 8:19 am
    Permalink

    Pemberitahuan bagi calon peserta seminar yg sudah mendaftar, kuota peserta sudah hampir habis, oleh karena itu segera lakukan pembayaran sesuai dg prosedur yg sdh ditetapkan utk mendapatkan hak sebagai peserta (fasilitas) berupa: tempat/kursi, snack, makan siang, seminar kit, sertifikat, & bonus 2 buah buku yg salah satunya diterbitkan oleh penerbit internasional. Pembayaran ditutup secara otomatis setelah kuota terpenuhi. Kami tidak menerima pembayaran di tempat seminar. Demikian, harap dimaklumi. Terima kasih.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *