Serunya Acara Temu Blogger Kesehatan Jawa Barat 2017, Penjaja Kata. Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis. Upaya kesehatan adalah setiap kegiatan untuk memelihara, dan meningkatkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah, dan atau masyarakat. Salah satunya melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS).

Germas merupakan sebuah gerakan yang digagas oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, juga menjadi salah satu agenda dalam acara Temu Blogger Kesehatan 2017, yang diselenggarakan pada hari Jumat, 21 April 2017. Bertempat di Hotel Savoy Homann Bidakara, acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Kemenkes RI dan Jawa Barat, serta puluhan blogger dari kota Bandung dan beberapa kota lain di Jawa Barat.

Blogger menjadi salah satu mitra strategis sekaligus “brand ambassador” dari Kemenkes RI, dalam mempublikasikan germas kepada seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini disampaikan oleh drg. Oscar Permadi, MPH., Kepala Biro Komunikasi & Pelayanan Masyarakat Kementrian Kesehatan. Beliau menyebutkan bahwa netizen khususnya blogger dapat ikut membantu menyadarkan masyarakat akan pentingnya pola gaya hidup yang sehat.

Pada era 90-an, penyakit menular menjadi penyumbang utama dalam beban penyakit di tanah air. Tetapi sejak tahun 2010, penyebab terbesar kesakitan dan kematian adalah penyakit tidak menular (PTM) seperti stroke, jantung, dan kencing manis. Padahal, seyogyanya PTM dapat dicegah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. Sehingga PTM tak harus menjadi

Ada tiga fokus utama dalam germas yaitu melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi buah & sayur, serta memeriksa kesehatan secara rutin. Tiga hal ini merupakan perilaku hidup sehat yang dapat dijadikan kebiasaan oleh masyarakat Indonesia.

Germas adalah tindakan yang sistematis & terencana yang dilakukan secara bersama-sama dengan kesadaran, kemauan & kemampuan berperilaku sehat. Harapannya germas bisa berdampak pada kesehatan yang terjaga, produktivitas meningkat, lingkungan yang bersih & biaya yang dikeluarkan untuk pengobatan penyakit berkurang.

Bandung yang dipilih menjadi kota penyelenggara acara Temu Blogger Kesehatan 2017, memiliki potensi yang bagus dalam mendukung serta menjadi role model dari germas. Mulai dari infrastruktur kota hingga program-program dari dinas kesehatan kota Bandung, sangat sesuai dengan program germas. Kota Bandung juga memiliki Wali Kota yang memiliki figur yang patut ditiru dalam gerakan hidup sehat.

Selain membahas seputar germas, salah satu agenda seru lain di acara ini adalah workshop bahasa bersama Anwari Natari atau akrab disapa Mas Away. Mas Away berbagi kepada para blogger, tentang pentingnya menyajikan tulisan dengan bahasa yang baik dan dapat dimengerti oleh para pembaca. Karena, pada dasarnya pekerjaan menulis itu merupakan pekerjaan melayani pembaca.

Bahasa menjadi faktor yang sering kali tidak diindahkan dalam dunia blogging, alasannya banyak mulai dari tidak ramah SEO serta hal-hal lain yang menyebabkan faktor bahasa menjadi nomor ke sekian. Padahal, blogger yang sudah baik sebagai kreator tulisan, justru akan lebih baik lagi jika menjadi editor juga untuk tulisan yang dibuat. Sehingga akan berdampak baik banyaknya pembaca yang suka dengan tulisan yang telah dibuat.

Sesi diskusi pun berlangsung dengan menarik, beberapa blogger mengajukan pertanyaan serta pendapat mengenai bahasa dalam menulis, serta mengenai konten yang baik untuk diangkat pada blog. Diskusi berlanjut pada permainan tebak kata, para blogger dikelompokan berdasarkan kota masing-masing dalam permainan ini. Permainan yang sederhana ini sangat seru dan membuat gelak tawa semua orang yang ada di ruangan acara, pasalnya tak mudah melakoni peran sebagai pemberi arahan atau sebagai penebak kata.

Selain kegiatan-kegiatan tadi, ada aktivitas menarik yang dilakukan dalam acara ini, yaitu senam peregangan setiap jam 10.00 WIB dan 14.00 WIB. Aktivitas ini merupakan aktivitas rutin yang dilakukan oleh semua pegawai Kemenkes setiap hari. Dengan gerakan-gerakan yang cukup sederhana, para blogger dapat merasakan secara langsung konsep serta khasiat dari germas secara langsung. Mari #dukungGERMAS untuk menjadi tren gaya hidup kita, urang Bandung hayu dukung germas!

Penjaja Kata

 

(Visited 31 times, 1 visits today)
Serunya Acara Temu Blogger Kesehatan Jawa Barat 2017
Bagikan ke:

4 thoughts on “Serunya Acara Temu Blogger Kesehatan Jawa Barat 2017

  • April 23, 2017 at 6:42 pm
    Permalink

    Pesertanya dari berbagai kota? Dari kota mana saja, ya?

    Bagus ya acaranya, sangat edukatif. Memang sepatutnya pemerintah menjadikan blogger sebagai “corong”.

    Reply
    • April 25, 2017 at 9:04 am
      Permalink

      Dari kota Garut, Cirebon, Cianjur, dan Indramayu, mbak. Betul sekali, peran blogger sekarang sudah mulai dibutuhkan dalam publikasi program2 pemerintah. 🙂

      Reply
  • May 1, 2017 at 5:44 am
    Permalink

    Saya sangat setuju sekali, sudah seharusnya memang para blogger dirangkul guna sebagai salah satu sarana sosialisai program pemerintah 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *