Terdapat berbagai macam langkah untuk dapat sehat, namun cara yang paling efektif dalam menjaga kesehatan adalah menerapkan pola makan sehat yang baik dan benar. Mengonsumsi Raw Food (Makanan Mentah) adalah salah satu pola makan sehat yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Prof. Dr. Hwang Sung-Joo, M.D., Ph.D., adalah salah seorang pakar Prevention Medical Studies dan Immunity Therapy Unification dari negeri gingseng, Korea. Makanan mentah menjadi primadona di dalam bukunya yang berjudul Jauhi Penyakit Dengan Makanan Mentah, yang telah diterjemahkan dan diterbitkan oleh Penerbit Mizan.

Beliau berbagai banyak tips menjaga kesehatan dengan konsep menerapkan pola makan sehat dengan makanan mentah. Salah satu tipsnya adalah sepuluh langkah sehat ala Dr. Hwang, langkah-langkah tersebut mengombinasikan antara mengonsumsi makanan mentah dengan aktivitas-aktivitas yang dapat menunjang kesehatan.

Bagaiamanakah langkah-langkah tersebut? Berikut ini akan saya berikan pemaparannya, sudah tentu disertai juga dengan bumbu-bumbu penyajian kata ala Penjaja Kata. 🙂

1. Makanlah makanan mentah satu kali setiap hari

Sepuluh Langkah Sehat Dr Hwang

Makanan mentah yang dimaksudkan khususnya sayur dan buah, bukan daging mentah. Makanan mentah merupakan makanan yang memiliki khasiat yang banyak bagi kesehatan tubuh manusia.

Beberapa khasiat diantaranya menjaga berat badan agar tetap ideal, memperlancar pencernaan karena mengandung serta dalam jumlah yang cukup, meningkatkan kekebalan tubuh, dan menjaga kesehatan mental.

Mengonsumsi makanan mentah lebih baik apabila dikonsumsi pada saat pagi hari, namun jika kondisi pada saat pagi hari tidak memungkinkan maka dapat diganti pada saat makan siang maupun makan malam.

2. Minumlah air ion alkali secukupnya

Air Ion Alkali by Airalkali.com

Air ion alkali kaya akan mineral, mineral merupakan gizi paling penting dalam tubuh manusia. Air mineral sangat bermanfaat dan dapat menangani empat keluhan, yaitu infeksi lambung dan usus, diare kronis, gangguan pencernaan, dan gangguan asam lambung.

Minumlah air ion alkali paling sedikit delapan gelas setiap hari, apabila tidak ada tidak apa-apa apabila diganti dengan air mineral dalam kemasan yang sudah dijamin terjaga kehigienisannya.

3. Pilihlah asupan gizi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem Kekebalan Tubuh Manusia by Kaskus.co.id

Agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh, konsumsilah polisakarida yang kaya zat fitokimia, vitamin, mineral, dan gizi lain yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh setiap hari. Polisakarida sering disebut sebagai karbohidrat kompleks, yaitu molekul berbentuk rantai panjang yang tersusun atas banyak molekul karbohidrat sederhana.

4. Berlatihlah untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih baik setiap hari

Gantilah minuman berkarbonisasi dengan susu kedelai, kopi dengan teh hijau, atau makanan ringan dengan ubi dan kentang. Menerapkan kebiasaan makan secara spontan lebih efektif daripada memakan banyak makanan sehat dalam satu waktu, tetapi pada akhirnya tidak tahan lalu menyerah begitu saja. Berlatih untuk mengonsumsi makanan alternatif yang lebih baik demi kesehatan.

5. Biasakan buang air besar secara teratur

Buang Air Besar & Buang Air Kecil

Tubuh kita perlu membuang lebih banyak ampas manakala kita makan lebih banyak. Oleh sebab itu, jangan menahan keinginan untuk buang air besar dan lakukan secara teratur kendati tempat dan kebersihan toilet mungkin memengaruhi keinginan Anda untuk buang air.

6. Berolahragalah secara teratur sesuai dengan kebutuhan

Olahraga Untuk Hidup Sehat by Langkahsehat

Siapa pun mengetahui pentingnya berolahraga. Mulailah dengan olahraga yang dapat Anda lakukan di sela aktivitas harian Anda daripada menyengaja untuk pergi ke tempat latihan kebugaran. Anda dapat mencoba naik-turun tangga, berjalan di pagi hari, menggunakan sarana transportasi umum, dan lain-lain.

Lakukan aktivitas tersebut sebagai olahraga dasar Anda (lima kali setiap minggu dengan durasi masing-masing sekitar 40 menit). Insya Allah, semakin rajin Anda berolahraga maka bukan hanya kesehatan saja, bahkan bentuk tubuh ideal akan Anda dapatkan. 🙂

7. Buatlah ritme hidup sehat dengan cara diri Anda sendiri

Ritme Kehidupan

Temukan cara untuk mengurangi stres. Misalnya berendam, menikmati lagu, tidur siang, membaca buku, meregangkan otot, atau menarik nafas dalam-dalam. Selain itu melakukan aktivitas blogging yang menyenangkan juga dapat dijadikan opsi dalam usaha mengurangi stres. 😉

8. Beristirahatlah

Istirahat Sejenak by Kaskus

Menonton televisi, bermain game, atau menggunakan telepon pintar bukan cara untuk beristirahat. Tubuh Anda harus benar-benar berada dalam keadaan istirahat pada saat beristirahat. Luangkan lebih banyak waktu untuk bersantai karena hal itu dapat meningkatkan mobilitas dan produktivitas Anda.

9. Berkonsultasilah dengan pakar kesehatan

USA, New Jersey, Jersey City, Couple receiving advice from doctor in office

Berinteraksi dengan orang lain lebih baik daripada menghabiskan waktu seorang diri. Berkonsultasilah secara berkala dengan pakar kesehatan yang dapat membantu untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda. Penyakit memang hanya dapat disembuhkan oleh kemampuan tubuh si penderita, tetapi tanpa bantuan para pakar kesehatan kita tidak akan mampu menjalani proses penyembuhan penyakit secara cepat dan tepat.

Sama halnya dengan konsep perjalanan spiritual manusia, seorang guru spiritual hanya mampu membimbing menuju ke arah yang benar, sedangkan usaha untuk menuju ke arah yang benar tersebut tetap dilakukan oleh pribadi masing-masing dan tentu atas rida sang maha pencipta. 🙂

10. Bersyukurlah atas segala hal dan ciptakan kedamaian di tempat tinggal Anda.

Bersyukur Kepada Allah by Linkservice

Sikap positif dan lapang dada muncul dari kalbu yang selalu bersyukur. Kerjakan semua pekerjaan dengan senang hati dan tempatkan kedamaian keluarga sebagai prioritas. Kedamaian dalam rumah tangga dapat mencegah penyakit. Jangan lalai untuk tetap mendekatkan diri kepada sang maha pencipta, tanpa anugerah dan hikmah dari-Nya kesehatan tidak akan pernah kita dapatkan, walaupun berbagai macam cara untuk memperoleh kesehatan sudah dilakukan. 🙂

Semoga artikel sepuluh langkah sehat dari Dr. Hwang dapat membantu Anda dalam menjalani program hidup sehat. Sehat ada di depan mata! 😀

Penjaja Kata

(Visited 62 times, 1 visits today)
Sepuluh Langkah Sehat Ala Dr. Hwang
Bagikan ke:

4 thoughts on “Sepuluh Langkah Sehat Ala Dr. Hwang

  • December 27, 2014 at 6:30 pm
    Permalink

    mengganti kopi dengan teh hijau saya belum bisa sepertinya. Keknya juga harus mengurangi porsi begadang deh biar sehat. hehe

    Reply
    • December 28, 2014 at 1:28 am
      Permalink

      Sebenarnya ane juga agak berat nih nulisnya, kopi hitam masih terlalu nikmat untuk ditinggalkan. 😀

      Reply
      • December 28, 2014 at 7:16 am
        Permalink

        Haha tapi apalah daya untuk merubah diri menjadi orang sehat ya harus memberikan informasi kepada orang.

        Reply
        • December 29, 2014 at 6:59 am
          Permalink

          Betul, itulah kehebatan para blogger. wkwkwk 😀

          Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *