Dalam tatanan era globalisasi, gadget berteknologi mutakhir menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi masyarakat, khususnya untuk kaum urban. Entah itu untuk kepentingan bisnis, pendidikan, maupun hanya untuk hiburan semata. Berbagai perusahaan digital pun berlomba-lomba menyuguhkan berbagai konten atau aplikasi yang memiliki keunggulannya masing-masing.

Tidak jarang sebuah produk konten memiliki fungsi yang sama, hal ini lumrah untuk terjadi karena perkembangan gadget beserta konten-konten pelengkapnya berbanding lurus dengan lifestyle masyarakat urban yang selalu haus akan hal-hal yang baru. Dampaknya tentu terjadi persaingan yang ketat antara berbagai perusahaan digital untuk terus menerus melakukan penelitian demi mendapatkan sebuah terobosan baru untuk konten yang mereka buat.

Sayangnya, banyak pengguna gadget yang masih belum bijak mengelola konten pada gadget pribadinya. Biasanya faktor tren menjadi suatu hal yang menjadi bumerang, bukannya memberikan dampak positif tetapi malah akan membuat gadget kita mengalami gangguan sistem. Peran konten pada gadget bagaikan lauk pauk pada nasi. Tanpa lauk pauk, makan nasi saja akan kenyang tapi tidak memberikan kenikmatan, sama halnya dengan penggunaan gadget.

Untuk gadget yang telah bundling dengan konten, tentu itu sudah menjadi salah satu bentuk marketing antara perusahaan pembuat gadget dengan perusahaan pembuat konten digital. Akurasi dan presisi pemasangan kontennya pun pasti akan lebih pas dengan gadget tersebut. Jika memang spesifikasi gadget dan fungsi konten tersebut cocok dengan kebutuhan kita, maka tidak ada salahnya kita membeli gadget tersebut karena lebih efektif dan praktis.

Dalam postingan kali ini saya akan sedikit memberikan tips kecil dengan metoda S.M.A.R.T untuk pengelolaan konten di gadget, metoda yang sering digunakan dalam ilmu manajemen namun saya aplikasikan untuk pengelolaan konten pada gadget. Selamat meninjau dan semoga bermanfaat. ­čśÇ

1. Specific (Spesifik)

Sebelum memasang konten-konten pada gadget, alangkah baiknya terlebih dahulu melakukan perincian di beberapa aspek. Mulai dari ukuran dan fungsi dari konten tersebut. Lakukan penyesuaian konten dengan kebutuhan penggunaan gadget, agar tidak terlalu sering melakukan proses uninstall jikalau konten yang dipasang kurang di butuhkan nantinya, karena secara tidak langsung proses uninstall dapat membuat sistem pada gadget tersebut mengalami gangguan.

2. Measurable (Terukur)

Setiap konten memiliki ukuran data yang berbeda-beda, semakin lengkap maka akan semakin besar datanya. Untuk ukuran konten terlebih dahulu disesuaikan dengan kapasitas penyimpanan (internal maupun eksternal), jangan sampai memaksakan konten dengan ukuran besar di install pada gadget dengan kapasitas yang sudah hampir penuh. Semakin banyak ruang kosong yang tersedia maka akan semakin baik kinerjanya, hal ini adalah langkah awal untuk mengatasi performa gadget menjadi lamban atau lebih familiar dengan nama lelet.

3. Attainable (Realistis)

Realistislah dalam mendownload maupun menginstall konten-konten untuk gadget kita. Sesuaikan konten yang akan dipasang dengan operation system, spesifikasi, dan ruang penyimpanan pada gadget terlebih dahulu, jangan sampai konten-konten yang dipasang nantinya tidak akan berguna atau bahkan tidak akan berfungsi sama sekali.

4. Relevant (Relevan)

Setiap konten yang kita install pada gadget relevan dengan tujuan penggunannya. Misalnya sebagai seorang pebisnis, konten yang diperuntukan untuk kebutuhan jual beli akan lebih mendukung dan mengembangkan karir, dibandingkan memasang konten yang lebih berunsur hiburan yang hanya akan membuat kita semakin malas untuk beraktifitas. Relevankan penggunaan konten pada gadget dengan kebutuhan bukan keinginan pengguna, agar penggunaannya pun lebih efektif.

5. Timely (Berjangka waktu)

Berjangka waktu dalam artian setiap konten memiliki jadwal update untuk meningkatkan kinerjanya, usahakan setiap konten pada gadget tetap up to date. Selain itu berguna agar penggunaan kontennya lebih variatif, karena sering kali pengembang konten menyertakan unsur-unsur baru pada yang akan membuat kita semakin nyaman dan nikmat menggunakannya.

Sekian tips singkat mengenai manajemen pengelolaan konten pada gadget┬áini, semoga bermanfaat bagi Anda penggua gadget.┬áJangan hanya gadgetnya saja yang smart, penggunanya pun harus┬áS.M.A.R.T┬ádalam┬ámenggunakan gadget┬áserta mengelola konten-kontennya. ­čśÇ┬á

Let’s to be smart people, not just a smart technology!
Pameran Buku Bandung 2014

Penjaja Kata

(Visited 5 times, 1 visits today)
S.M.A.R.T Phone
Bagikan ke:
Tagged on:                         

3 thoughts on “S.M.A.R.T Phone

  • August 30, 2014 at 8:26 am
    Permalink

    Mantap nih. Semoga pengguna makin smart dan bijak ya. ­čśÇ

    Reply
    • August 30, 2014 at 1:44 pm
      Permalink

      Amin. ­čśÇ

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *