Sudah tahu Komik Nusantaranger? Komik Nusantaranger merupakan komik karya komikus-komikus muda Indonesia; Sweta Kartika, Shani Budi Pandita, dan Bisri Mustova. Nusantaranger, sebuah komik yang lahir dari hasil pembuahan ovum kreativitas dan sperma inspirasi dari film Super Sentai (Ingat! S bukan H. :v) atau lebih familiar dengan nama Power Ranger ketika masih kanak-kanak.

Komik Nusantaranger merupakan komik yang menceritakan kepahlawan lima orang ranger, setiap ranger menggambarkan  ciri khas dari setiap daerah di Indonesia, mulai dari warna khas, binatang khas yang hampir punah, dan nama setiap tokoh yang sangat kental dengan nama orang Indonesia. Pemilihan aspek-aspek tersebut bukan karena iseng belaka, justru merupakan hasil penelitian yang sangat komprehensif dan mendetail.

Tokoh-Tokoh Nusantaranger by Nusantaranger.com
Tokoh-Tokoh Nusantaranger by Nusantaranger.com

Beberapa waktu lalu, tepatnya dalam acara Talkshow & Sharing Bersama Komikus dan Ilustrator, Sweta Kartika menyampaikan harapan yang ingin dicapainya lewat komik Nusantaranger. Dia ingin dunia imajinasi dan kreativitas anak-anak Indonesia yang sudah melenceng kembali ke jalur yang benar.

Mengapa bisa melenceng? Apalagi alasannya kalau bukan karena pengaruh buruk media elektronik yang menayangkan tayangan yang tak mendidik, hanya demi mengejar rating penonton semata.

Salah satu contohnya adalah pengetahuan anak-anak tentang suling sakti. Beberapa waktu lalu, tepantnya pada tahun 90-an, dalam film power ranger, suling sakti adalah pedang ranger hijau yang bernama Tommy. Pedang yang berbentuk seperti keris tersebut bisa ditiup untuk memanggil dragonzord. Akan tetapi, tontonan yang anak-anak sekarang mengetahui bahwa suling sakti digunakan sebagai panggilan untuk goyang Caesar. Bahkan untuk keyword suling sakti masih menjadi rangking satu di Google. -___-”’

Before

Suling Sakti Ranger Hijau
    Suling Sakti Ranger Hijau

After

Suling Sakti Joget Cesar
                                Suling Sakti Joget Cesar

Finally. -__-“

Dampak Akibat Seruling Sakti KW
                  Dampak Akibat Seruling Sakti KW

Kalau dilihat dari  gambar nge-blur di atas, tanpa harus saya jelaskan, Anda akan mengerti apa saja dampak yang terjadi atas dampak yang ditimbulkan oleh tayangan yang menyerukan untuk tersenyum. Memang penonton dapat tersenyum, tetapi tersenyum di atas penderitaan orang lain. 🙂

Alhamdulillah, kini “tayangan senyum” yang telah menyalahgunakan esensi dari suling sakti, sekarang sudah diberhentikan dan mendapatkan larangan siar dari KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). Hal ini menjadi kesempatan yang sangat baik, terutama untuk mengarahkan kembali generasi penerus bangsa Indonesia ke sarana imajinatif yang semestinya mereka konsumsi.

Komik adalah salah satu media yang dapat melatih kemampuan imajinatif dan dapat memberikan dampak positif bagi psikologis anak, terutama bila konten yang diangkat juga baik dan benar. Maka dari itu, peranan orang tua diperlukan untuk memilih dan memilah komik untuk dikonsumsi oleh anak. Jangan sampai komik berakhir sama seperti musik dan tayangan televisi yang sudah tidak layak konsumsi bagi anak.

Nusantaranger Logo

Komik Nusantaranger adalah komik yang cocok dibaca untuk anak. Selain menghibur dengan alur cerita heroik yang sangat digemamri oleh anak, komik ini juga dapat mengedukasi anak mengenai kekayaan alam dan budaya Indonesia yang dikemas pula dalam komik Nusantaranger.

Ingin tahu lebih banyak mengenai komik Nusantaranger? Silahkan kunjungi www.nusantaranger.com

(Visited 298 times, 1 visits today)
Revitalisasi Suling Sakti Melalui Komik Nusantaranger
Bagikan ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *