Penasaran dengan Pertamina Geothermal Energy Kamojang, Penjaja Kata. Geliat pemanfaatan energi terbarukan terus bertumbuh, salah satu jenis sumber energi terbarukan yang sudah mulai dieksplorasi adalah energi panas bumi. Sudah cukup banyak beberapa perusahaan besar yang memanfaatkan energi panas bumi, contohnya telah dilakukan oleh Indonesia Power yang mengubah energy panas bumi menjadi energi listrik.

Potensi panas bumi (geothermal) di Indonesia mencapai 29.000 MW atau 40% cadangan dunia. Sangat disayangkan apabila jumlah tersebut tidak dimanfaatkan dengan baik. Jumlah energi panas bumi yang begitu besar tersebut belum termanfaatkan secara maksimal hingga saat ini, diperlukan peran aktif pemerintah dalam melakukan pengembangan teknologi di bidang pemanfaatan energi, demi melancarkan proses eksplorasi dan pemanfaat energy panas bumi di Indonesia.

pertamina-kamojang-dan-pltp-kamojang-penjaja-kata
Sumber Foto: www.pge.pertamina.com

Sebagai lulusan SMK jurusan teknik pemanfaatan tenaga listrik, saya pernah melakukan kunjungan industri ke PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) Kamojang yang dikelola oleh Indonesia Power, untuk mempelajari system pembangkitan listrik dengan sumber daya panas bumi. Di sana saya mempelajari sistem pembangkitan menggunakan panas bumi yang sangat mengesankan, panas bumi digunakan untuk menghasilkan uap air yang memiliki tekanan untuk menggerakan turbin generator.

Selain informasi mengenai PLTP Kamojang, ada satu hal lain yang menyita perhatian saya. Ternyata, di area yang hampir berdekatan, saya sempat melihat logo Pertamina. Hal ini sempat menjadi tanda tanya dalam kepala saya:

Apakah Pertamina dengan Indonesia Power bekerjasama dalam memanfaatkan energy panas bumi yang terdapat di Kamojang? Ataukah dua perusahaan besar tersebut memiliki focus pemanfaatan energy panas bumi yang berbeda?

Tanpa berpendek akal, saya pun mulai mencari tahu dari berbagai sumber yang ada di internet. Pertamina perusahaan panas bumi (geothermal) terbesar di Indonesia. Dan ternyata, PGE (Pertamina Geothermal Energy) yang ada di Kamojang, bertugas menjadi pemasok uap untuk PLTP Kamojang. Selain itu, PGE juga memanfaatkan energi uap panas bumi dari jalur bleeding untuk penyediaan energi listrik di sekitar daerah operasional.

Pekerja Pertamina Geothermal Energy melakukan kegiatan uji produksi sumur KRH-4/1 yang merupakan salah satu sumur pengembangan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Karaha Unit 1 berpakasitas 1x30 MW di PLTP Karaha Bodas, Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jabar, Sabtu (19/4). PLTP Karaha yang merupakan salah satu total project panas bumi Pertamina mulai hulu hingga transmisi dijadwalkan mengalirkan listrik ke PLN pada akhir 2016. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/pd/14.
Sumber Foto: www.pge.pertamina.com

PGE juga pernah menghasilkan inovasi lampu thermoelectric yang memanfaatkan perbedaan suhu di sekitar jalur pipa uap, untuk diubah menjadi energi listrik alternatif sebagai penerangan lingkungan. Inovasi ini bahkan mendapatkan penghargaan Satya Lancana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia. Tak hanya itu saja, masih banyak produk inovasi yang telah dihasilkan dan bermanfaat untuk masyarakat sekitar.

Selain fokus dalam pemanfaatan energi panas bumi, PGE juga ikut mewujudkan sinergi dengan alam sekitar dan menjaga kelestarian lingkungan. Seperti melalui program green school (sekolah berwawasan lingkungan) dan program pengembangan bank sampah berbasis masyarakat, melalui kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung melalui program pengembangan Desa Wisata Geothemal Kamojang.

Kegiatannya meliputi pengembangan Geothermal Information Center (GIC) sebagai pusat informasi dan edukasi geothermal, pengembangan kuliner, pelestarian Domba Hias (plasma nutfah), pengembangan Taman Wisata Alam Kawah Kamojang, dan Danau Pangkalan. Selain dengan pemerintah daerah, PGE juga bekerja sama dengan BBKSDA (Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam) Jawa Barat untuk Pengembangan Pusat Konservasi Elang di Kamojang, serta Pengembangan Taman Wisata Alam Kawah Kamojang. Konservasi elang jawa bukti kepedulian pertamina mendukung keanekaragaman hayati.

 

penangkaran-elang-jawa-pge-kamojang-penjaja-kata
Sumber Foto: www.jabarprov.go.id

Bagaimana penilaianmu terhadap Pertamina Geothermal Energi? Apakah kamu merasa bangga, ternyata ada perusahaan milik negara yang fokus dalam memanfaatkan energi terbarukan dan juga peduli terhadap lingkungan? Kalau saya pribadi, bangga. Dan, kalau ada kesempatan untuk mengetahui lebih banyak informasi mengenai PGE dengan melakukan kunjungan ke perusahaan tersebut, saya akan sangat bersedia dan akan saya tuliskan lagi pengalamannya di blog ini. 🙂

Penjaja Kata

(Visited 386 times, 1 visits today)
Penasaran dengan Pertamina Geothermal Energy Kamojang
Bagikan ke:

2 thoughts on “Penasaran dengan Pertamina Geothermal Energy Kamojang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *