Pulau Nias sangat terkenal dengan tradisi lompat batunya yang unik dan luar biasa. Popularitas tradisi yang satu ini bahkan sangat memikat wisatawan asing yang berkunjung ke Pulau Nias. Tetapi tak banyak yang tahu kalau Pulau Nias juga memiliki kekayaan kuliner yang tak kalah istimewa dengan daerah lain di Indonesia.

Beberapa variasi makanan khas ini tentu wajib kita cicipi bila nanti berlibur ke Pulau Nias :

Hambae Nititi

Para penyuka kepiting pasti juga akan menyukai hidangan yang satu ini. Hambae Nititi sangat populer di Kepulauan Hinako pada bulan Mei hingga Juni. Pada musim tersebut, hasil tangkapan kepiting berjumlah lebih banyak dari biasanya. Sehingga bisa diolah menjadi hambae nititi. Cara mengolahnya pun sangat mudah. Hanya perlu memasak daging kepiting dengan santan dan bumbu penyebab hingga teksturnya kering. Lauk dengan cita rasa gurih ini sangat cocok sebagai pelengkap nasi.

Gowi Nifufu

Gowi nifufu terbuat dari umbi-umbian (ubi jalar, singkong, atau talas) yang direbus kemudian ditumbuk sampai halus dan dicampur dengan kelapa. Tradisi makan gowi nifufu berawal dari keterbatasan jumlah beras di Pulau Nias. Sehingga masyarakat Nias zaman dahulu akan menyantap gowi nifufu terlebih dahulu sebelum makan nasi. Tujuannya agar perut terasa kenang dan konsumsi nasi pun bisa dibatasi jumlahnya.

Tamboyo

Jika dilihat sekilas, tamboyo memang seperti ketupat biasa. Tetapi rasa dan teksturnya ternyata berbeda dengan ketupat biasa. Tamboyo terbuat dari beras ketan yang dibungkus dalam anyaman daun kelapa lalu direbus bersama santan. Sehingga teksturnya jauh lebih legit dan lebih gurih dibandingkan ketupat.

Silio Guro

Masyarakat Pulau Nias memang kerap menggunakan hasil laut sebagai bahan dasar utama bagi aneka hidangan. Seperti halnya silio guro yang terbuat dari udang. Untuk membuat silio guro, udang segar yang sudah digiling akan dicampurkan dengan kelapa dan dibungkus daun pisang sebelum dibakar. Rasa silio guro yang gurih dan kaya protein memang cocok dijadikan lauk pendamping nasi.

Untuk mewujudkan rencana liburan ke Pulau Nias, mari mengurus asuransi perjalanan online terlebih dahulu. Kita tinggal mengakses website Futuready berikut ini :

https://www.futuready.com/asuransi/produk/perjalanan/

Karena Futuready adalah supermarket asuransi online yang pilihan asuransinya sangat lengkap dan berkualitas. Prosedur pengurusan asuransi yang praktis dan cepat tentu membuat rencana liburan jadi semakin lancar. Ingin singgah ke Pulau Nias atau daerah lainnya, semua bisa didukung dengan manfaat perlindungan asuransi perjalanan dari Futuready.

Penjaja Kata

(Visited 22 times, 1 visits today)
Menjelajahi Kekayaan Kuliner Pulau Nias yang Jarang Diketahui
Bagikan ke:

2 thoughts on “Menjelajahi Kekayaan Kuliner Pulau Nias yang Jarang Diketahui

  • June 5, 2017 at 7:38 am
    Permalink

    Bener banget, tuh, kulinernya nendang.
    Kalau ke sana atau traveling emang perlu asuransi, buat jaga-jaga, hehehe

    Reply
  • June 19, 2017 at 1:28 pm
    Permalink

    Belum pernah ke Nias sih. 😀 Tapi kata orang2 kulinernya enak2.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *