Menikmati Wisata Hotel di Jakarta, Penjaja Kata. Berkunjung ke ibukota negara Indonesia, Jakarta, memang menyajikan berbagai macam cerita. Lupakanlah sejenak masalah banjir dan kemacetan yang sudah mendarah daging di ibu kota, karena masih banyak hal lain yang menarik untuk ditelisik di kota kebanggaan warga Indonesia.

Barisan hotel-hotel yang berjajar di Jakarta, tentu bisa dijadikan salah satu cara menikmati “nilai” lain dari kota ini. Ya, tidak ada salahnya kita melakukan tour atau wisata ke hotel-hotel di Jakarta. Kenapa harus Jakarta? Bukannya di kota-kota lain banyak memiliki hotel dengan keunikannya tersendiri? Ya, memang benar. Tetapi menurut saya, Jakarta menyajikan koleksi hotel yang sangat lengkap dibandingkan kota-kota lain.

Pada tahun 2013, Kompas pernah melakukan prediksi jika jumlah hotel di Jakarta akan mencapai angka 2.400 di tahun 2023. Mulai dari hotel melati sampai hotel berbintang, semua tersedia dengan berbagai penawaran-penawaran menarik yang diberikan oleh para pengelola. Kalau diistilahkan, rasanya kita tidak akan pernah kebingungan untuk mencari hotel saat berada di Jakarta, karena hotel seakan menjadi tiang penyangga yang mengokohkan Jakarta.

Akan tetapi, kebanyakan orang menginap di hotel Jakarta hanya dalam urusan bisnis atau pekerjaan, bukan untuk tujuan berlibur seperti di kota-kota lain yang menjadi destinasi wisata. Padahal dengan sumber daya hotel yang membludak ini, Jakarta dapat dijadikan lokasi untuk wisata hotel. Ya, jenis wisata ini mungkin terdengar aneh, tetapi patut untuk diperhitungkan.

Tentulah sudah diketahui oleh banyak orang, bahwasannya hotel bukan hanya tempat untuk istirahat atau tidur saja. Banyak hotel yang menawarkan ruangan untuk digunakan untuk acara-acara tertentu. Seminar, rapat, ataupun pernikahaan merupakan beberapa contoh kegiatan yang sering menggunakan hotel sebagai tempat penyelenggaraannya.

Beberapa pengelola hotel bahkan memberikan promo-promo khusus untuk kegiatan-kegiatan tertentu. Contohnya seperti promo Wedding Package, promo-promo seperti ini biasanya menggiurkan, terutama bagi para pasangan muda yang ingin segera menghalalkan hubungannya. Sayangnya, terkadang promosi yang dilakukan masih terlalu monoton, sehingga konsumen yang terjaring pun tidak terlalu banyak.

Maka dari itulah pentingnya diadakan wisata ke hotel, tujuannya adalah untuk mengenal lebih jauh mengenai fasilitas maupun promo-promo tertentu yang diberikan oleh pengelola hotel. Hal ini tentu akan sangat bermanfaat, baik untuk pengelola hotel maupun konsumen, karena pengelola akan terbantu dalam konteks promosi dan konsumen akan terbantu dalam konteks informasi.

Jakarta dipandang sebagai kota yang tepat untuk mencoba konsep wisata hotel. Selain jumlah hotelnya yang banyak, Jakarta juga cocok dijadikan role model untuk wisata hotel, agar kelak kota-kota lain pun dapat mengikuti konsep wisata hotel ini. Selain itu, konsep ini juga akan menambah kunjungan ke Jakarta, karena pasti banyak orang yang akan penasaran seperti apa wisata hotel.

Nah, lalu hotel manakah yang akan mencoba konsep ini di Jakarta? Alangkah bagusnya wisata hotel ini tak dipatok tarif, sehingga banyak orang akan tertarik untuk berkunjung dan mempromosikan hotel yang dikunjungi, baik ke sanak saudara maupun ke sosial media-nya. 🙂

Penjaja Kata

(Visited 40 times, 1 visits today)
Menikmati Wisata Hotel di Jakarta
Bagikan ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *