Saat mendengar atau membaca kata pertambangan, hal pertama yang akan muncul dalam benak orang-orang awam tentu berbagai produk yang dihasilkan dari aktivitas pertambangan: Emas, Perak, Minyak Bumi, dan Batu Bara. Lebih dari itu, hal yang mungkin akan muncul adalah berbagai persoalan pelik yang sering membelit dunia pertambangan yang diberitakan di berbagai media massa, seperti aktivitas pertambangan yang hanya menyejahterakan pihak asing, merusak alam sekitar, dan lain sebagainya.

Masyarakat awam yang tidak tahu menahu mengenai pertambangan, tentu akan lebih mudah mengiyakan pemberitaan tersebut tanpa tahu fakta sesungguhnya yang terjadi di dunia tambang. Apalagi dengan tidak adanya media yang memberikan ruang khusus bagi bidang pertambangan, tentu akan membuat masyarakat menjadi buta dan tuli terhadap dunia tambang yang notabene menjadi “mesin pencetak” kekayaan alam Indonesia.

Sebuah Jawaban

Pada bulan Februari tahun 2016, penerbit Mizan Pustaka melalui salah satu lini penerbitannya Pastel Books, menerbitkan buku yang berjudul Buka-Bukaan Dunia Tambang, buku yang berisikan kumpulan cerita dari para peserta yang mengikuti kegiatan Sustainable Mining Bootcamp yang diselenggarakan oleh PT Newmont Nusa Tenggara. Sudah tentu buku ini mampu membantu masyarakat untuk menambang wawasan mengenai dunia pertambangan, serta menghindari kebutaan dan ketulian masyarakat terhadap dunia tambang.

Buku Buka-Bukaan Dunia Tambang dari Pastel Books
Buku Buka-Bukaan Dunia Tambang, Penjaja Kata.

 

Hal yang paling menarik dari buku ini adalah dari segi penyajian tulisannya, karena para peserta boootcamp yang menuliskan ceritanya adalah para blogger Indonesia. Sudah menjadi rahasia umum apabila tulisan dari para blogger lebih mudah menyentuh para pembaca. Selain terbiasa berinteraksi langsung dengan pembaca melalui blog pribadinya, tulisan para blogger yang tidak terlalu kaku lebih mudah dimengerti dan dipahami oleh pembaca.

Lebih dari dua puluh orang blogger yang ikut-serta dalam kegiatan sustainable mining bootcamp, mereka menggali beragam ilmu serta menambang pengalaman baru dari aktivitas pertambangan yang dilakukan oleh PT Newmont Nusa Tenggara di area operasi tambang Batu Hijau. Rasa bahagia, sedih, dan lelah mereka seakan terasa juga oleh pembaca saat membaca lembar demi lembar buku Buka-Bukaan Dunia Tambang.

Salah Satu Cerita di Buku Buka-Bukaan Dunia Tambang
Salah Satu Cerita di Buku Buka-Bukaan Dunia Tambang, Penjaja Kata.

 

Keberagaman sudut pandang yang lazim terjadi di dunia blogging, juga menjadi nilai tambah yang disajikan oleh para blogger yang menjadi penulis di buku Buka-Bukaan Dunia Tambang. Ada kalanya pembaca dibuat berkaca-kaca, seperti saat membaca tulisan dari Rahmasari Noor Hidayah yang berjudul “Perempuan-Perempuan Tangguh di Balik Dunia Tambang”. Ada kalanya pembaca dibuat berdecak kagum, seperti saat membaca tulisan dari Barry Kusuma yang berjudul “Suka Pantai? Datanglah ke Sumbawa Barat”.

Rekalamasi Sudah Ada di Sini

Huru-hara reklamasi teluk Jakarta yang sedang terjadi baru-baru ini, terdengar sangat begitu heboh karena diberitakan secara berkala oleh berbagai media massa. Berbeda halnya dengan reklamasi yang dilakukan oleh Newmont yang justru jauh dari sorot media, tetapi sudah lebih dulu terjadi dan memberikan dampak positif bagi dunia.

Foto Landscape Reklamasi dari PT Newmont Nusa Tenggara
Foto Landscape Reklamasi dari PT Newmont Nusa Tenggara, Penjaja Kata.

 

Berbeda dengan kisah reklamasi di teluk Jakarta, reklamasi yang dilakukan Newmont bertempat di area bekas tambang. Reklamasi dilakukan secara bertahap mulai tahun 2002 hingga sekarang. Hal ini bisa dilihat di dalam buku Buka-Bukaan Dunia Tambang, yang memperlihatkan foto-foto landscape dari proses reklamasi yang dilakukan oleh Newmont dan telah mengalami perubahan yang signifikan ke arah yang lebih baik.

Simpulan

Selain foto reklamasi yang dilakukan oleh Newmont, terdapat pula foto-foto kegiatan para peserta sustainable mining bootcamp dan foto-foto yang mewakili setiap materi tulisan yang disajikan oleh para blogger. Hal ini pun membuat saya merasa sedang melakukan blogwalking ke banyak blog, hanya dengan membaca buku Buka-Bukaan Dunia Tambang saja. Selain dapat merasakan perasaan para blogger yang tertuang di tulisannya, pembaca pun akan merasa ikut hadir dan menyaksikan perputaran roda kehidupan yang terjadi di area operasi tambang PT Newmont Nusa Tenggara. 🙂

Salam hangat,
Penjaja Kata


Halo, bung! Yuk ikutan juga lomba resensi buku Buka-Bukaan Dunia Tambang. Caranya gampang kok, kamu tinggal beli bukunya di toko buku off line atau on line seperti di Mizan Store, baca dulu bukunya, lalu tulis resensinya di blogmu. 😀

Mau tahu info lebih lengkap? Yuk kunjungi http://www.remajakreatif.com/

Dan sebagai penutup, saya coba sajikan sebuah video stopmotion yang bisa sedikit menggambarkan isi dari buku kece yang berjudul “Buka-Bukaan Dunia Tambang”. Silakan dinikmati, bung! 🙂

(Visited 336 times, 1 visits today)
Menambang Wawasan dari Buku Buka-Bukaan Dunia Tambang

4 thoughts on “Menambang Wawasan dari Buku Buka-Bukaan Dunia Tambang

  • May 3, 2016 at 12:01 pm
    Permalink

    Bolela pake https dot com, jayalah indonesiaku

    Reply
  • May 11, 2016 at 2:58 pm
    Permalink

    Semoga menang ya Bung. Tulisan kamu juga ngalir dan mudah dimengerti. Ohya, udah ikutan lomba blog Paybill.id? Katanya menarik hadiahnya hehe ini link-nya http://bit.ly/SatuBlogPaybill Semoga beruntung!

    Reply
    • May 12, 2016 at 8:07 pm
      Permalink

      Aamiin. Oh gitu? Oke deh, insya Allah ikutan. Makasih buat infonya, mbak. 🙂

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *