Meditasi Tidur Siang 10 Menit Setelah Makan Siang, Penjaja Kata. Saat kembali ke meja kerja setelah makan siang, kemudian, tanpa sadar, rasa kantuk menyelimuti, kelopak mata menjadi berat. Pernah mengalami hal yang demikian? Sebagian besar orang pasti pernah mengalaminya dan pasti mengalami fase paling terberat dalam hidup saat menahan rasa kantuk itu sampai jam pulang.

Ternyata, ada cara yang cukup praktis untuk menghilangkan rasa kantuk setelah makan siang, caranya cukup dengan meditasi. Pertama-tama, duduklah dengan nyaman. Ketika sudah mendapatkan posisi yang nyaman, bayangkan ada tali di tengah-tengah kepala kita, dan tali tersebut terhubung ke langit. Bayangkan juga ada tali di tulang ekor yang terhubung dengan bumi.Dengan demikian, kita akan merasakan posisi tulang belakang menjadi tegak. Mungkin, awalnya masih terasa bengkok, tetapi semakin banyak berlatih, maka posisi tulang belakang akan menjadi lebih sempurna.

Baca juga : Meditasi Latihan Fokus

Lalu lakukan pernapasan dada 3 kali untuk merelakskan seluruh tubuh, dari kepala hingga ujung kaki. Jika seluruh tubuh sudah relaks, bayangkan kita keluar dari tubuh dan melihat tubuh sendiri. Inilah latihan memisahkan jiwa dengan raga. Dengan membayangkannya, kita akan lebih mudah terhipnotis dan merasakan efek meditasi ini dengan lebih baik.

Seperti lensa kamera yang sedang mengamati suatu objek, mulailah mengamati setiap bagian tubuh sendiri, dari sisi kanan, ke sisi belakang, kemudian ke sisi kiri. Setelah selesai mengamati seluruh tubuh, bernapaslah, lalu fokuskan pikiran pada kaki kanan. Rasakan kaki menjadi berat seperti kapas basah sambil berkata, “Kaki jadi berat seperti sedang terisap lumpur hidup di rawa.”

Lakukan hal yang sama pada kaki kiri sambil berkata, “Kaki kiri juga jadi berat. Benar-benar sangat berat, seperti terisap lumpur hidup di rawa.”Setelah selesai dari kaki kiri, lanjutkan ke pinggang sambil berkata, “Kali ini, pinggangku yang jadi berat. Seluruh tubuhku terasa berat seperti terisap lumpur hidup di rawa.” Lalu, lakukan pernapasan kembali.

Baca juga : Meditasi Untuk Melepaskan Amarah

Kondisi ini disebut peralihan dari sadar menjadi tidak sadar, kemudian sadar kembali. Dalam kondisi tersebut, pikiran berada di alam tak sadar dan beralih ke alam sadar lagi dengan mudah. Lakukan cara yang sama pada lengan kiri dan lengan kanan. Setelah selesai, lakukan pernapasan dan bayangkan tubuh sendiri.

Pejamkan mata selama 5-10 menit, kemudian tarik napas dalam-dalam. Setelah itu, katakanlah, “Ketika aku membuka mata, tubuh dan jiwaku akan segar dan kuat kembali.” Bayangkan bahwa kita akan melakukan pekerjaan selanjutnya dengan penuh semangat, kemudian perlahan, buka mata. Lanjutkan pekerjaan dengan tersenyum dan dilingkupi energi baru.

Melalui meditasi yang dalam, kita dapat beristirahat dengan nyaman melalui energi yang dihasilkan. Lakukan meditasi seperti ini selama 10 menit untuk mendapatkan hasil memuaskan. Dengan demikian, kita tidak perlu lagi takut dengan rasa kantuk yang datang setelah makan siang dan bisa menyambut siang dengan penuh semangat. 😀

Itulah ulasan mengenai Meditasi Tidur Siang 10 Menit Setelah Makan Siang, semoga bermanfaat dan membantu ya. Ulasan ini dikutip dari buku berjudul Self Healing At The Office yang diterbitkan oleh Penerbit Qanita.

Bagi yang ingin lebih bersemangat saat beraktivitas harian, buku ini cocok untuk dijadikan panduan. Mari hilangkan rasa kantuk setelah makan siang dan nikmati kerja bebas pikiran dan stroke. 😉

Penjaja Kata

(Visited 31 times, 1 visits today)
Meditasi Tidur Siang 10 Menit Setelah Makan Siang
Bagikan ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *