Seiring terus bertambahnya penduduk di satu tempat, otomatis ini akan membuat permintaan akan hunian juga turut meningkat. Ini biasanya terjadi secara cepat di kota besar seperti Bandung. Jadi bisa dibilang bisnis rumah kontrakan di Bandung cukup menjanjikan.

Kalau Anda pemula dalam bisnis satu ini, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan saat akan berbisnis rumah kontrakan di Bandung atau di tempat lainnya.

Saat membeli rumah untuk investasi, Anda harus cermat dan teliti. Sebaiknya beli dari agen properti atau developer yang sudah memiliki track record yang baik. Biasanya dengan begini, Anda bisa sedikit mengurangi kekhawatiran atas kualitas bangunan.

Karena para profesional seperti mereka pasti tidak mau mempertaruhkan image nya dengan menawarkan produk yang tidak berkualitas. Lalu tentukan juga spesifikasi yang dibutuhkan, termsuk jumlah kamar dan lain sebagainya, terutama dari segi harga ya. Sesuaikan saja dengan kemampuan finansial.

Perhatikan juga lokasi atau letak rumah, semakin strategis dan mudah diakses ke berbagai tempat public seperti pusat perbelanjaan dan pusat transportasi akan semakin tinggi nilainya. Oya, pastikan pula lokasi dan lingkungan properti aman dari tindak kriminal seperti pencurian, dan juga tidak rawan bencana seperti banjir.

Karena ini bisa sangat menentukan dan masuk dalam pertimbangan calon penyewa nantinya. Anda perlu mengetahi hal-hal yang bisa jadi nilai tambah dari properti seperti ini karena bisa sangat memengaruhi pertimbangan calon penghuni.

Meski hanya mengontrak, tapi mereka pasti menginginkan rumah yang nyaman, aman dan bebas dari segala masalah kan?

Setelah Anda memiliki rumah kontrakan di Bandung, saatnya untuk mulai beriklan. Dalam hal ini yang penting untuk ditetapkan adalah harga alias biaya sewa. Sama halnya dengan membeli rumah, mengontrak rumah biayanya juga tergantung dari lokasi serta posisi rumah, dan faktor lainnya.

Lalu perhatikan juga kondisi rumah kontrakan. Jangan beranggapan hanya karena yang menempati adalah orang lain, maka Anda mengabaikan perawatannya. Dengan memelihara dan merawat dengan baik, ini akan membuat calon penyewa merasa nyaman dan betah mengontrak di tempat Anda.

Membersihkan di sini juga termasuk memastikan seluruh fasilitas yang ada berfungsi dengan baik, seperti listrik, pompa air dan lain-lain. Nah, ketika sudah ada yang berminat dengan rumah kontrakan di Bandung milik Anda, sebaiknya periksa dulu identitas dan segala sesuatu terkait penyewa yang mesti diketahui.

Hal yang umum dilakukan adalah meminta copy dari kartu identitasnya seperti KTP atau SIM. Tak ada salahnya juga Anda bertanya-tanya seputar latar belakangnya. Tapi lakukan ini dalam suasana yang santai ya. Jangan sampai penyewa tidak nyaman karena merasa sedang “diinterogasi”.

Saat bertanya-tanya, juga perlu Anda ketahui sumber pemasukan mereka untuk membayar sewa. Tanyakan pula tujuan mengontrak, apa sekedar buat hunian atau usaha. Kalau misalya mau dijadikan tempat usaha, tak ada salahnya Anda mematok harga sewa lebih tinggi.

Saat sudah ditempati, Anda juga bisa membuat aturan agar penyewa menjaga dan merawat rumah kontrakan sebaik mungkin.

Tips Membuat Rumah Kontrakan di Bandung Jadi Hunian Nyaman

Lalu bagaimana dengan Anda yang menempati rumah kontrakan? Mungkin banyak kekurangan dan kendala ketika masih menempati rumah kontrakan, alias bukan rumah sendiri. Menurut kompas.com, tak ada salahnya kok Anda mengontrak jika memang belum memiliki modal yang cukup untuk membeli rumah, ini bisa jadi jalan keluar praktis.

Masa mengontrak dalam jangka waktu tertentu, bisa dimanfaatkan sebaik mungkin misalnya dengan membuat hunian senyaman mungkin. Cara pertama, Anda bisa mengubah penampilan interiornya. Tentu tidak melakukan perubahan permanen ya, contohnya dengan memasang wallpaper yang bisa Anda lepas sewaktu harus pindah.

Berikan juga sentuhan khusus pada perabotan yang sudah jadi bawaan dari rumah kontrakan. Jangan buru-buru disingkirkan ya, meski terlihat kusam dan sebagainya. Tempelkan saja cutting sticker kesukaan Anda, itu akan membuatnya lebih menarik.

Lalu perhatikan secara ekstra area dapur dan kamar mandi, karena ini biasanya lebih kotor dibanding bagian yang lain di dalam rumah. Tambahkan pula nuansa hijau pada rumah, dengan memanfaatkan space yang ada. Misalnya di depan atau belakang rumah, bahkan di dalam rumah juga bisa, dengan memilih jenis tanaman yang tepat dan bisa dipasang dengan cara ditempel di dinding.

Hal lainnya yang bisa Anda tambahkan di rumah kontrakan adalah karpet. Anda bisa memilih motif dan warna yang seusai dengan selera. Sama halnya dengan wallpaper, kehadiran karpet bisa menutupi kekurangan yang ada di bagian rumah, bahkan tak sekedar menjadi penutup, tapi juga bisa jadi sentuhan yang mewakili selera personal Anda.

Hal yang sama pun berlaku untuk gorden atau tirai jendela ya. Intinya Anda tetap bisa menunjukkan sentuhan personal dengan melakukan penambahan elemen non-permanen, meski bukan di rumah milik sendiri. Oya, sebagai tambahan tips agar bisa tinggal nyaman di rumah kontrakan, Anda juga perlu menjalin komunikasi yang baik dengan pemilik rumah.

Khususnya ketika Anda membutuhkan sesuatu seperti minta perbaikan di bagian rumah. Komunikasi yang baik akan sangat menentukan kenyamanan Anda selama tinggal di sini.

Cari Rumah Kontrakan di Bandung

Kalau Anda sudah tahu cara nyaman tinggal di rumah kontrakan, kini saatnya mencari pilihan menarik dari rumah kontrakan di Bandung ya. Anda bisa mencoba rumah kontrakan di Bandung 15 juta seperti yang ada di Nuansa Valley Regency di kawasan Bandung Timur.

Anda bisa mendapatkan unit rumah seluas 27m2, luas tanah 60m2, 2 kamar tidur dan kamar mandi serta carport dengan daya listrik 900W. Berada di komplek perumahan yang relatif masih baru, hunian di sini cocok bagi Anda yang mencari suasana yang tenang, tapi juga strategis.

Dari sini, Anda bisa dengan mudah menjangkau Borma, RS Hermina, JabarSport, Sekolah Mutiara Bunda dan Tunas Unggulan hingga Terminal Cicaheum. Masih di kawasan Bandung Timur, ada pula rumah dengan tarif 15 juta per tahun di Perumahan SBG Kampung Geulis, kawasan Rancaekek.

Terdiri dari 2 lantai, 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang tengah, dapur, ruang laundry, garasi dan lahan parkir untuk satu mobil. Selain contoh rumah kontrakan di Bandung Timur di atas, Anda juga bisa coba daerah Selatan, tepatnya di Ciganitri, Bojongsoang.

Ada rumah dengan 2 kamar tidur, kamar mandi dengan luas bangunan 40m2, dan luas tanah 60m2 dengan listrik 1300W.  Halamannya luas, lingkungan aman serta bebas banjir. Akses lokasinya juga sangat mudah dijangkau dari jalan raya yang hanya berjarak sekitar 15 meter dan dekat juga ke kampus STT Telkom.

Oya, pilihan di bawah Rp 15 juta per tahun juga ada lho. Misalnya untuk Anda yang mencari rumah kontrakan di Bandung dekat ke Maranatha atau kampus lainnya seperti Polban, Unpas, UPI, serta juga pusat perbelanjaan besar yakni Paris Van Java Mall dan RS Hasan Sadikin.

Anda bisa mencoba sebuah paviliun dengan luas 30m2 yang dilengkapi kamar tidur dan kamar mandi. Hunian strategis dikawasan Sukasari ini bisa Anda dapatkan dengan biaya hanya Rp 13 juta per tahun.

Masih dengan sewa di bawah Rp 15 juta, Anda bisa mencari rumah kontrakan di Bandung Barat, salah satu pilihan yang menarik ada di Permata Cimahi dengan luas 45m2 dan dibanderol Rp 14 juta per tahunnya.

Nah, banyak yang menarik kan? Untuk lebih lengkapnya Anda bisa coba kunjungi www.99.co/id ya.

(Visited 17 times, 1 visits today)
Ketahui Hal-Hal Penting Seputar Rumah Kontrakan di Bandung Berikut Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *