Bisnis startup sedang berkembang manis beberapa tahun terakhir di Indonesia, mulai dari skala regional sampai internasional, beragam bisnis startup pun banyak bermunculan bahkan sukses menjadi unicorn seperti Gojek, Bukalapak, Tokopedia dan lainnya.

Hal yang paling penting dalam membangun startup yang dapat berkembang dengan baik ialah memiliki SDM yang berkualitas, baik dari sisi skill maupun kondisi fisik. Tidak jarang startup memiliki karyawan yang kompeten dari sisiĀ skill-nya, namun kondisi kesehatannya kurang baik lho.

Selain tidak baik bagi operasional perusahaan, hal tersebut pun tidak baik bagi perkembangan SDM yang menjadi ujung tombak para pemilik startup untuk mengembangkan bisnisnya ke depan. Maka dari itu, agar tidak terkendala dengan permasalahan tersebut dalam proses pengembangan bisnis, tak ada salahnya untuk menganggarkan budget khusus untuk asuransi karyawan.

Apa manfaatnya untuk bisnis startup menawarkan asuransi untuk karyawan?

Manfaat pertama, bagi startup yang membutuhkan SDM berkualitas dan sudah pernah berpengalaman kerja lama di perusahaan lain, asuransi ini bisa menjadi daya tarik lebih bila disertakan dengan penawaran gaji. Apalagi jika di tempat sebelumnya dia tak mendapatkan asuransi jiwa atau asuransi kesehatan, sudah sangat dipastikan dia akan tertarik dengan perusahaanmu.

Hal ini bisa terjadi karena hampir sebagian besar orang yang memilih untuk berkarir di suatu perusahaan, akan lebih tertarik bertahan di sebuah perusahaan yang menjamin kehidupannya dari sisi finansial dan kesehatan juga. Maka dari itu, banyak sekali orang yang berbondong-bondong melamar pekerjaan ke perusahaan atau lembaga yang menawarkan kesejahteraan dari dua sektor tersebut, contohnya seperti menjadi PNS atau menjadi karyawan di perusahaan bonavit.

Sudah tentu hal ini harus menjadi pertimbangan yang diperhitungkan oleh bisnis startup, apalagi yang masih pada posisi merintis, pasti akan sangat membutuhkan karyawan yang berkualitas dan juga mendapatkan karyawan yang loyal serta dapat bertahan lama di perusahaan. Tak harus mengeluarkan biaya besar, kamu bisa memilih asuransi kesehatan untuk karyawan yang terjangkau seperti di Lifepal.

Bagi saya sendiri yang sedang merintis membangun bisnis startup, mencari karyawan yang berkualitas dan juga loyal terhadap perusahaan saya, sangatlah sulit prosesnya mulai dari proses rekrutmen sampai pada proses kerja bersama tim.

Ada yang sangat berkualitas dan sangat dapat diandalkan, terkadang permintaan gajinya yang kadang ‘selangit’ bisa membuat kondisi finansial perusahaan cekak bila target belum tercapai. Ada yang loyal pada perusahaan, kinerjanya fluktuatif dan harus terus-menerus didampingi sehingga proses operasional perusahaan jadi tidak sesuai dengan perhitungan dalam business plan.

Maka dari itu, untuk mengakalinya saya menawarkan beberapa macam tunjangan kepada calon karyawan di bisnis startup saya, salah satunya ialah tunjangan kesehatan dengan memberikan asuransi kesehatan kepada karyawan baru yang melamar kerja pada saya.

Hasilnya? Yup, lumayan berhasil, ada beberapa orang karyawan di tim saya yang berpengalaman kerja di perusahaan besar sebelumnya dan memilih bekerja di perusahaan saya karena tunjangan-tunjangan yang saya tawarkan.

Manfaat lain dari menyediakan asuransi kesehatan ialah membuat karyawan bisa bekerja dengan optimal, banyak sekali bisnis startup yang kadang karyawannya harus cuti panjang karena kondisi kesehatannya yang tidak terjaga, padahal dengan adanya asuransi kesehatan hal tersebut dapat diminimalisir sehingga karyawan bisa diobati di tempat yang terbaik.

Walaupun bukan hal yang sering terjadi, penurunan kondisi kesehatan harus menjadi perhatian utama bagi para pemilik bisnis. Apalagi bagi bisnis startup yang menerapkan waktu kerja agak berlebih, seperti bisnis di bidang penyedia layanan hosting yang harus online 24 jam, sudah tentu harus mengedepankan kondisi fit karyawannya supaya sistem operasional bisnisnya dapat berlangsung dengan baik dan benar.

Penjaja Kata

(Visited 15 times, 2 visits today)
Kenapa Bisnis Startup Butuh Asuransi Karyawan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *