Pertama kali mendengar nama MPR, hal pertama yang terbayang adalah demonstrasi yang terjadi di depan gedung kura-kura, tempat yang sudah awam sebagai tempat sasaran target pendemo di Jakarta. Namun hal yang berbeda saya dapatkan ketika mengikuti acara Gathering Netizen MPR dan BloggerBdg di Hotel Aston Cihampelas, pada hari Senin 11 Desember 2017.

Pertama kali melihat informasi acara ini, hal pertama yang saya bayangkan adalah sebuah acara seminar formal yang melibatkan orang-orang yang mengenakan pakaian yang rapi. Maka dari itulah saya menggunakan kemeja dengan sepatu, pakaian yang berbeda dari biasanya: kaos dan sandal jepit.

 Eits, tapi tunggu dulu, sesampainya di lokasi acara Hotel Aston Cihampelas lantai 8, para peserta diberikan polo shirt keren ala-ala polo shirt Turn Back Crime polisi untuk digunakan di lokasi acara. Dilihat dari pakaian wajibnya ini, saya bergumam dalam hati sepertinya acara akan berlangsung semi formal. Oh, oke kalau begitu.

Dan, setelah berganti baju dan masuk ke ruangan, konsep ruangan ala-ala ILC menyambut para peserta acara. Benar, kayaknya acara akan berbentuk semi formal dengan diskusi yang agaknya membosankan. Hehehe

Tapi tunggu dulu, setelah lepas menyantap sajian coffe break, tetiba ada seorang yang menyapa kerumunan peserta di ruangan dengan mengucapkan “Assalamualaikum”, sambil berjalan santai dan bersalaman kepada beberapa peserta. Siapakah gerangan? Beliau adalah ketua MPR, Zulkifli Hasan atau akrab dengan sebutan Pak Zul. Pak Zul ditemani oleh Sekjen MPR, Bapak Ma’ruf cahyono.

Pertama kali duduk di depan para peserta selepas menyanyikan lagu kebangsaan, pertama kali ini juga saya melihat wajah MPR yang sesungguhnya. Pak Zul langsung membuka kesempatan para peserta untuk bertanya, pertanyaannya pun dibebaskan mau menyangkut hal apapun. Para peserta pun berduyun-duyun bertanya mulai dari masalah sandang pangan, bertanya mengenai MPR, kisah-kasih Pilkada, serta kasus-kasus politik maupun non-politik di Indonesia.

Sambil melempar beberapa ‘kasus pancingan’ serta guyonan ringan, Pak Zul menulis semua pertanyaan yang diajukan para peserta. Setelah semua peserta yang ingin bertanya sudah menyampaikan pertanyaannya, Pak Zul pun mulai menjawab satu per satu pertanyaan dengan lugas. Setiap peserta yang bertanya pun merasa puas dengan jawaban Pak Zul, setelah semua pertanyaan selesai dijawab, Pak Zul pun mengajak serta semua peserta untuk berfoto bersama sebagai sesi akhir acara sebelum beliau pamit meninggalkan lokasi acara.

Wow, beginilah wajah MPR toh, memang benar-benar mencerminkan tokoh yang mewakili aspirasi masyarakat. Memang seyogyanya masyarakat diberikan ruang untuk dapat menyampaikan aspirasi nya dengan nyaman, kurang lebih dengan cara menyelenggarakan acara seperti ini atau pemerintah bisa menyediakan sebuah aplikasi atau platform berbasis digital yang bisa digunakan dalam penyampaian setiap aspirasi dan masukan-masukan terhadap pemerintah. Tentu dengan jawaban yang lugas dan akurat. Semoga saja ini dapat menjadi masukan yang baik baik MPR untuk ke depannya. Aaamiin.

Penjaja Kata      

(Visited 58 times, 1 visits today)
Beginilah Wajah MPR Jaman Now pada Gathering Netizen MPR dan BloggerBDG
Tagged on:                                 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *