4 Manfaat Mengenali Tokoh-Tokoh Muslim Klasik dan Kontemporer. Kamu suka musik? Bagi yang menyukai dunia musik, pasti tidak hanya sekadar menyukai lagu sebagai buah karyanya saja, berbagai aspek yang berhubungan dengan musik (musisi, alat musik, dll), juga turut disukai sebagai bentuk dari rasa cinta terhadap dunia musik.

Begitu pun dengan dunia keagamaan, tak hanya “ajaran” saja yang harus disukai, berbagai aspek lainnya pun harus kita cintai, agar timbul rasa cinta dalam diri terhadap agama yang kita yakini.  Bagi umat Muslim, mengenali tokoh-tokoh Muslim klasik maupun kontemporer, tentu menjadi sebuah sarana edukasi dalam memahami ajaran agama Islam, dan juga untuk menumbuh-kembangkan rasa cinta terhadap agama Islam. Ada 4 contoh manfaat yang akan kita peroleh, apabila mengenali tokoh-tokoh Muslim klasik  dan kontemporer, lho.

Apa sajakah manfaatnya? Siap-siap untuk menyimaknya, ya:

  1. Semakin Sayang dengan Ajaran Agama Islam

Tak Kenal Maka Tak Sayang, begitulah pepatah yang menafsirkan manfaat dari sebuah perkenalan. Mengenali tokoh-tokoh Muslim klasik dan kontemporer pun dapat membuat kita semakin sayang kepada ajaran agama Islam. Baik itu sayang yang mengartikan semakin cinta dalam menjalankan ajaran agama Allah Swt., maupun sayang yang mengartikan tidak ingin kehilangan satu momen pun untuk

  1. Akan Menambah Kenikmatan dalam Beribadah Kepada Allah Swt

Ibarat sebuah film, penokohan  yang ada di dalam film adalah daya tarik bagi para penonton untuk semakin menikmati jalan cerita dari sebuah film. Selain Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat yang wajib kita ketahui, tentu tokoh-tokoh Muslim klasik dan kontemporer pun harus kita kenali dan ketahui keimanan dan ketakwaannya kepada Allah Swt. Insya Allah, semakin banyak tokoh Muslim yang kita kenali, semakin banyak pula kenikmatan yang akan kita rasakan dalam rangka beribadah kepada Allah Swt. Aamiin.

  1. Menambah Wawasan dan Pengetahuan Mengenai Sejarah Islam

Founding Father Indonesia, Ir. Soekarno, menitipkan semboyan JAS MERAH yang merupakan akronim dari “Jangan Sampai Melupakan Sejarah” kepada bangsa Indonesia. Sejarah memang memiliki peranan penting, terutama menjadi landasan untuk membangun masa depan yang lebih baik.

Mengetahui dan mengenali tokoh-tokoh Muslim klasik dan kontemporer, yang memiliki sepak terjang dalam mewarnai perjalanan sejarah Islam, tentu menjadi kebutuhan bagi kita selaku umat Muslim yang menginginkan masa depan dunia dan agama Islam yang lebih baik.

  1. Terinspirasi Untuk Menjadi Seorang Tokoh Muslim

Suka menonton pertandingan sepak bola? Nah, bagi yang menggemari olahraga sepak bola dan mengetahui seluk-beluk dalam dunia sepak bola, tentu akan selalu terbesit angan-angan agar kelak dapat menjadi pemain bola juga. Apalagi setelah mengetahui bayaran yang diterima oleh pemain bola pun sangat fantastis.

Begitu pula yang akan terjadi apabila kita sudah mengenali tokoh-tokoh Muslim klasik dan kontemporer yang memberi kita semesta inspirasi, serta dengan segala kenikmatan yang telah mereka peroleh di dunia dan akan mereka peroleh kelak di akhirat yang bersumber dari Allah Swt. Pastinya kita pun akan berangan-angan agar kelak dapat menjadi tokoh Muslim juga, kan?

*****

Nah, sekarang sudah tahu manfaat mengenali tokoh-tokoh Muslim, ‘kan? Lalu, sudah siap untuk mengenali tokoh-tokoh Muslim klasik dan kontemporer? Kemudahan akses informasi dunia berkat adanya internet, tentu harus kita manfaatkan dengan baik, salah satunya untuk mencari informasi mengenai tokoh-tokoh Muslim klasik dan kontemporer.

Jika membutuhkan bahan literatur untuk mengetahui informasi tersebut, saya sarankan bacalah buku Ensiklopedia Tokoh Muslim untuk dijadikan sumber referensi. Ensiklopedia Muslim terbitan Penerbit Mizan ini menyajikan informasi yang lengkap mengenai tokoh-tokoh Muslim dari seluruh penjuru dunia. Insya Allah, pengetahuan kita akan semakin bertambah setelah membaca buku ini. 😉

Ensiklopedia Tokoh Muslim - Penjaja Kata

Itulah manfaat dari mengenali tokoh Muslim klasik dan kontemporer, semoga bermanfaat bagi pembaca yang menjadi perasa, maupun bagi saya yang menjadi perantara. 🙂

Penjaja Kata

(Visited 55 times, 1 visits today)
4 Manfaat Mengenali Tokoh-Tokoh Muslim Klasik dan Kontemporer
Bagikan ke:

3 thoughts on “4 Manfaat Mengenali Tokoh-Tokoh Muslim Klasik dan Kontemporer

  • January 6, 2016 at 7:18 am
    Permalink

    Semoga kita dapat meneladani beliau amiiin

    Reply
  • January 9, 2016 at 10:49 am
    Permalink

    Aku suka nonton bola tapi ga pengen jadi pemaen bola kok, San *lalu hening*
    Tokoh Muslim yang aku inget itu Ibnu Sins, Al Gebra lalu aaaah lupa.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *