Sudahkah Anda berinvestasi? Pertanyaan yang sering saya dengan setiap kali menyaksikan video-video para pebisnis maupun motivator di Youtube. Lalu apa jawaban saya? Hmm, bisa dibilang sudah, bisa dibilang belum juga. Apabila jenis investasi yang sesuai dengan pemaparan para pebisnis maupun motivator seperti di bidang property, saya belum melakukannya. Namun bila merujuk pada arti investasi secara general, saya sudah melakukan beberapa jenis investasi.

Investasi merupakan hal yang menarik, bagi anak muda sebenarnya sangat disarankan untuk mulai berinvestasi. Setidaknya kita bisa menyisihkan 20% penghasilan atau uang jajan kita untuk berinvestasi, itu sudah menjadi langkah yang bagus. Lalu, apa manfaatnya berinvestasi bagi anak muda? Selain bisa menjadi tabungan masa depan, investasi ini dapat membantu anak muda cepat mapan.

Yuk baca juga : Jangan Lupa Menyiapkan Hal-Hal Ini untuk Masa Depan Si Buah Hati

Nah, kalau sudah tahu apa manfaat dari investasi bagi anak muda, lalu apa aja sih bentuk investasi yang pas buat anak muda? Berhubung saya masih terhitung muda, mungkin saya bisa berbagi beberapa jenis investasi yang saya lakukan. Ada beberapa jenis investasi yang saat ini masih saya lakukan, di antaranya:

  1. Investasi Aset Digital

Salah satu bentuk investasi yang saya lakukan adalah investasi berupa aset digital. Berhubung penghasilan yang belum cukup untuk membeli aset di bidang properti, maka saya memilih berinvestasi dalam bentuk asset digital.

Ada beberapa aset digital yang saya miliki seperti blog, akun sosial media, akun Google Adsense dan beberapa jenis aset digital lainnya. Aset-aset digital saya ini mampu mendatangkan pasif income bagi saya, walaupun tidak terlalu besar tetapi cukup untuk dijadikan uang jajan dan tambahan tabungan.

Investasi ini sangat cocok bagi anak muda jaman now, selain bisa mendapatkan penghasilan dari aset digital yang dimiliki, kita pun dapat eksis di dunia maya asalkan mampu menghasilkan konten yang berkualitas dan berkarakter.

  1. Investasi Dollar

Investasi saya yang saya lakukan selanjutnya adalah investasi dollar. Walaupun fluktuasi tidak bisa diprediksi, tetapi saya menikmati sekali mengamati perkembangan naik dan turunnya kurs dollar terhadap rupiah. Jenis investasi ini juga cocok untuk dijadikan investasi anak muda jaman now, lho.

Nah, kenapa bisa dibilang cocok, sebenarnya masih berhubungan dengan investasi aset digital sebelumnya. Bagi yang bermain adsense, pastinya penghasilannya akan berupa dollar dong, nah kita sisihkan sebagian dari penghasilan tersebut untuk investasi dollar.

  1. Investasi Emas

Untuk jenis investasi ini mungkin sudah sangat umum di masyarakat. Ya, investasi emas merupakan salah satu jenis investasi popular di masyarakat. Harga yang relatif aman dan jarang mengalami fluktuasi, membuat banyak orang yang masih memilih setia berinvestasi emas.

Bagi sebagian besar anak muda, investasi emang memang terkesan kurang keren. Tapi, investasi itu kan bukan memerhatikan sisi keren nya, tapi sisi keuntungannya dong. Dan ini yang unik dari investasi emas, selain emas batangan, kita juga bisa menggunakan emas perhiasan sebagai investasi emas kok.

Kamu bisa juga titip pakai sendiri (bila kamu wanita), juga bisa titip pakai ke orang tua (ibumu) atau ke calon pasangan (istri). Satu hal yang membuat investasi emas menjadi investasi yang cocok buat anak muda jaman now, kita tidak perlu susah-susah main ke toko emas untuk tahu harga atau jenis emas.

Kini emas perhiasan juga sudah bisa didapatkan di  situs jual beli online terbesar di Indonesia. Selain itu kita juga bisa cek secara langsung dan berkala harga emas perhiasan hari ini, esok, maupun lusa. Pokonya kita bisa memantau investasi emas kita dengan lebih mudah.

****

Itulah 3 Jenis Investasi yang Cocok Buat Anak Muda Jaman Now, semoga bermanfaat dan dapat membantumu untuk menemukan jenis investasi yang tepat. Bagi yang ingin tanya-tanya atau menambahkan ide dan pendapat, boleh tulis di kolom komentar ya. 😉

Penjaja Kata

 

(Visited 16 times, 1 visits today)
3 Jenis Investasi yang Cocok Buat Anak Muda Jaman Now
Bagikan ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *