Sumber: vondanote.com

3 Hal Penting untuk Dilakukan Pemilik E-Commerce. Salah satu sistem bisnis digital yang saat ini menjadi tren ialah e-commerce, sebuah sistem pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti website. Sudah banyak perusahaan UMKM di Indonesia yang sudah go digital dengan memiliki sistem penjualan e-commerce, bahkan banyak juga pelaku UMKM yang bermigrasi dari jualan di marketplace ke e-commerce.

Kenapa ini terjadi? Banyak sekali faktornya, mulai dari persaingan harga yang semakin tidak masuk akal, juga keterbatasan data yang akan didapatkan untuk diolah lebih lanjut. Ada banyak keunggulan yang akan dimiliki sebuah bisnis apabila memiliki sistem e-commerce seperti membuat brand image yang baik di mata konsumen, juga memiliki database konsumen yang powerfull untuk meningkatkan penjualan.

Akan tetapi, terkadang ada beberapa hal yang dilupakan oleh para pemilik UMKM yang sudah memiliki sistem e-commerce. Bukan hanya sekadar memiliki website yang bisa melakukan transaksi pembayaran, tetapi ada hal-hal penting lainnya yang wajib untuk dilakukan. Apa sajakah itu? Berikut ini ulasannya:

1. Pengelolaan SEO (Search Engine Optimation)

Salah satu hal penting agar pemilik e-commerce dapat meningkatkan traffic dari website-nya adalah melakukan optimasi pada mesin pencari atau lebih akrab dengan panggilan SEO (Search Engine Optimation).  Ada banyak tahapan dalam pengelolaan SEO ini, mulai dari pengelolaan secara on page maupun off page.

Sumber: searchenginejournal.com

Bentuk pengelolaan dari SEO On Page seperti pembuatan artikel yang ramah SEO, dan sesuai dengan keyword yang berhubungan dengan produk atau jasa yang disajikan pada website e-commerce tersebut. Contohnya, bila kamu memiliki website yang menyajikan jasa backlink, maka artikel yang membahas mengenai fungsi atau kegunaan dari backlink bisa kamu buat. Intinya buat artikel yang dibutuhkan orang dan bisa diarahkan ke website.

Sedangkan untuk pengelolaan SEO Off Page yang paling optimal adalah dengan menautkan backlink ke blog atau website yang memiliki authority yang tinggi. Sudah banyak pelaku e-commerce besar yang sering melakukan beli backlink ke berbagai blog dan website yang memiliki authority yang tinggi, sehingga mampu menaikkan website di Google dan meningkatkan jumlah kunjungan ke website.

Proses pembelian baclink tersebut dapat dimasukan pada budgeting promosi, sehingga kamu bisa melakukannya secara simultan baik dalam hitungan minggu atau bulan. Untuk apa hal ini dilakukan? Tentu agar membuat website e-commerce kamu selalu nampak di halaman pertama setiap saat.

2. Pengelolaan Social Media 

Social media dapat dijadikan media untuk meningkatkan branding ataupun selling dari suatu bisnis, dengan mengelola social media dengan baik dan benar maka traffic dari website pun akan ikut naik. Kamu bisa mengarahkan setiap lead atau calon konsumen yang berminat dengan produk atau jasamu, untuk melihat informasi yang lebih jelas atau melakukan pemesanan melalui website e-commerce yang telah kamu sediakan.

Sumber: shutterstock.com

3. Pengelolaan Advertising

Hal penting terakhir yang harus dilakukan oleh pemilik e-commerce adalah mengelola advertising atau iklan. Iklan ini juga sangat berpengaruh untuk membuat traffic dari website kamu lebih meningkat, cobalah memasang iklan di search engine atau social media, dengan ini traffic dari website akan semakin meningkat dan branding dari bisnismu pun akan terangkat.

 

*****

Itulah 3 hal penting yang harus dilakukan oleh pemilik e-commerce, semoga bermanfaat ya. Dengan melakukan 3 hal ini secara rutin, bisa dipastikan website kamu akan terus mengalami kenaikan. Jangan lupa untuk melakukan pendataan juga, agar kamu dapat mengolah dan melakukan funnelling dalam menjalankan sistem marketing bisnismu.

 

Penjaja Kata

(Visited 17 times, 1 visits today)
3 Hal Penting untuk Dilakukan Pemilik E-Commerce
Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *