3 Cara Menyikapi Kritikan, Penjaja Kata. Pendapat orang tentang diri kita bisa beragam. Sehebat apa pun kita, akan selalu ada yang tak suka. Kalau kritikannya membangun, jadikan sebagai media perbaikin diri. Tapi bagaimana apabila kritikannya tidak membangun? Biasanya, sebagian besar orang akan drop atau marah apabila mendengar kritik yang tak membangun, karena kritikan yang tak membangun itu seperti obat yang rasanya pahit tapi tidak memberikan kesembuhan sama sekali.

Akan tetapi, kita harus memberikan sikap yang baik kepada siapa saja yang memberikan kritikan tak membangung. Ada tiga cara yang bisa kita perlihatkan: Cuek-in, Maafin, dan Jangan dipikirin.

Cuek-in saja saat orang memberikan kritik yang tak membangun, beri kesan kita menghargai pendapatnya tanpa mendebat. Saat orang tersebut selesai berkomentar, balaslah dengan senyuman sambil mengucap kata maaf dalam hati. Setelah itu, buang semua ingatan yang berkaitan dengan kritik tak membangun dari orang tersebut, anggap bagai angin lalu dan terus melangkah melaju menuju masa depanmu.

Umur kita terlalu berharga jika janya untuk mengkhawatirkan pendapat orang lain tentang kita. Ada dua pilihan yang bisa kamu pilih ketika mendapat celaan atau kritikan dari orang lain, kira-kira pilihan mana yang kamu pilih?

  1. Tersika, lalu membiarkan hati kita gelisah dan terpuruk berkepanjangan.
  2. Membiarkan celaan itu, sambil terus berupaya memperbaiki di masa mendatang.

Dari sekian banyak manusia di bumi, pasti lebih banyak yang akan memilih pilihan nomor dua, yakni membiarkan saja celaan itu. Tapi sayangnya, kebanyakan kita sangat kesulitan untuk mengamalkan apa yang sudah kita katakan. Kita dengan mudah mengatakan tak memedulikan kritikan dan celaan yang datang. Tapi saat celaan itu benar-benar hadir, kita spontan resah, tidak tenang, bahkan semangat kita mendadak down.

Padahal sungguh, kritikan sebanyak apa pun, tidak akan bisa merenggut kebahagiaan kita selama kita tidak mengizinkannya. Begitu pula sebaliknya, sekecil apa pun kritikan dan celaan, bisa dengan mudah memupus habis semangat, hidup dan kebahagiaan selama kita mengizinkannya. Satu formula mendasar saat menyikapi kritikan adalah:

“Selama kau yakin bahwa apa yang kau lakukan itu benar, jangan pedulikan apa pun omongan orang.” 

Itulah ulasan mengenai 3 Cara Menyikapi Kritikan, semoga bermanfaat ya. Ulasan tadi dikutip dari materi dalam buku berjudul God, Please Help Me yang diterbitkan oleh Penerbit Mizania di tahun 2014 dan dicetak ulang di tahun 2017.

Bagi yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi, buku ini siap memandumu untuk lebih mendekatkan diri lagi kepada Allah. Insya Allah bermanfaat. 🙂

Penjaja Kata

Postingan Rekomendasi
4 Senjata Penghancur Nafsu
Article Name
4 Senjata Penghancur Nafsu
Description
Otak adalah senjata perang terhebat di dunia, karenanya terciptalah beraneka-macam peralatan perang canggih dan mematikan. Tapi, otak akan kalah jika dikuasai oleh hawa nafsu. Maka dari itu, mari perangi dan kendalikan hawa nafsu agar otak dapat menjadi "senjata" yang dapat mendamaikan dunia. 🙂
Author
(Visited 27 times, 1 visits today)
3 Cara Menyikapi Kritikan
Bagikan ke:

2 thoughts on “3 Cara Menyikapi Kritikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *